Hidangan Penghilang Depresi

Banyak orang lari ke makanan yang dapat menyenangkan hati atau memuaskan selera, bila mengalami stres atau depresi. Sebut saja cake, candy bar, makaroni, atau keju. Semua itu dapat membantu memperbaiki perasaan.

Semua hal yang kita kerjakan seperti berpikir, merasakan, dan bergerak, berpengaruh pada sel-sel saraf dalam otak (neuron). Kita memiliki lebih kurang 100 miliar neuron.

Komunikasi antarsel saraf itu bergantung pada neurotransmitter, yaitu bahan kimia otak yang disebut serotonin, dopamine, dan norepinephrine. Selain untuk komunikasi, bahan kimia ini juga dapat memperbaiki mood.

Kekurangan serotonin dapat berakibat depresi, susah tidur, dan ingin makan. Sebaliknya, kadar serotonin yang tinggi akan memberi perasaan tenang dan baik-baik saja.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejumlah zat gizi, di antaranya vitamin B, C, dan selenium, kandungan asam aminonya akan diubah untuk meningkatkan neurotransmitter. Vitamin B6 yang terdapat dalam sayuran hijau, ikan, dan unggas, juga dapat meningkatkan serotonin.

Peningkatan konsumsi selenium yang terdapat dalam ikan, sereal, roti, dan biji-bijian dapat memperbaiki perasaan stres (down). Mengonsumsi karbohidrat seperti makaroni atau pasta dan roti di pagi hari, mood akan lebih enak.

Ikan Goreng Tepung Bumbu Taoco
Untuk 5 porsi
(1 porsi = 237 kalori)

Bahan:
250 gr fillet ikan kakap, potong kecil
1 btr telur ayam
100 gr tepung kanji
Sedikit garam
2 sdm air jeruk nipis
2 sdm daun bawang iris
Minyak untuk menggoreng

Bahan bumbu taoco:
1 iris jahe
3 siung bawang putih
3 sdm taoco dihaluskan
2 sdm gula pasir
250 ml kaldu
1 sdt tepung maizena
2 bh cabai merah diiris buang biji
2 sdm minyak untuk menumis
1 sdm kecap manis

Cara membuat:
1. Ikan diberi air jeruk nipis, aduk, beri garam, biarkan selama beberapa menit.
2. Celup ikan ke dalam telur yang telah dikocok, lalu lumurkan ke tepung kanji.
3. Panaskan minyak dalam wajan, goreng ikan sampai kering dan kuning kecokelatan, angkat.
4. Buat bumbu taoco. Tumis dengan minyak jahe, bawang putih, cabai, dan taoco, tuangi kaldu. Tambahkan kecap manis, gula, dan tepung maizena yang telah dilarutkan dengan sedikit air. Aduk rata, setelah mendidih, angkat, sisihkan.
5. Hidangkan ikan dalam piring dan siram dengan saus taoco.

Oleh: Tuti Soenardi - Ahli Gizi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar