Lezatnya Labu, Cerahkan Mata Anda!

Labu sangat enak dimasak apa saja. Buah berwarna kuning ini mengandung beta karoten yang diubah menjadi vitamin A dosis tinggi setelah dimakan. Sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata.

Mengonsumsi setengah mangkuk labu dapat memnuhi sekitar setengah kebutuhan harian vitamin A. Ada beberapa metode yang dapat dilakukan untuk mengolah labu.

1. Belah labu menjadi dua bagian, ratakan bagian bawahnya. Masukkan ke dalam oven bertemparatur 350 derajat selama satu sampai dua jam. Angkat dan dinginkan. Kemudian kikis daging dengan sendok untuk membuang kulitnya.

2. Kupas labu lalu potong ukuran dadu. Masukkan ke dalam air mendidih hingga lunak, sekitar 15 sampai 30 menit. Tapi tergantung dari ukuran labu.

3. Tempatkan potongan labu dalam mangkuk kaca, tutup dengan plastik khusus microwave. Masak dalam temperatur tinggi sampai empuk sekitar 15 menit. Aduk potongan minimal dua kali agar empuknya merata. Setalah itu angkat dan dinginkan. Buang kulit labu dengan mengikis dagingnya menggunakan sendok.

4. Bersihkan bagian dalam labu, tapi bukan dagingnya. Biarkan tetap utuh. Lalu masukkan ke dalam oven bertemperatur 350 derajat selama satu sampai dua jam hingga lunak. Setelah diangkat labu bisa dijadikan sebagai wadah nasi atau isian lainnya.

Labu juga dikonsumsi sebagai menu harian Anda.
Pagi:
Campur 1/4 mangkuk labu dengan oatmeal, campur dan haluskan sebelum dimasak. Bila suka bisa ditambahkan kayu manis dan gula secukupnya.

Siang:
Jadikan labu sebagai bahan campuran salad bisa membuat Anda lebih sehat. Kombinasikan dengan apel dan pir.

Malam:
Campurkan beberapa potong labu ke dalam rebusan Anda. Ini akan menambah gizi, tekstur dan sedikit lebih manis. (tam/cookinglight)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar