Munculnya Varises di Kaki

Guratan-guratan ungu akibat pelebaran pembuluh darah atau varises di kaki bisa menyebabkan nyeri dan pastinya akan mengganggu penampilan. Kondisi ini dipicu banyak hal, mulai dari keturunan hingga kurang olahraga.

Rasa nyeri di sekitar pembuluh darah yang melebar terjadi karena pelebaran itu menyebabkan saraf-saraf di sekitarnya terdesak. Selain itu, vena yang melebar di bagian ekstremitas bawah (kaki) juga mengurangi kemampuan jantung untuk memompa darah kembali ke jantung.

Dikutip dari Healthmad, Senin (6/12/2010), berikut ini 5 penyebab varises pada kaki.

1. Keturunan
Faktor tunggal yang paling menentukan terjadinya varises adalah genetik. Seseorang yang memiliki riwayat varises pada salah satu kerabat atau leluhurnya, besar kemungkinannya ia juga akan mengalami kondisi yang sama.

2. Kehamilan
Peningkatan aliran darah selama kehamilan terjadi di hampir semua bagian, tak terkecuali kaki. Ditambah beban ekstra dari kandungan yang terus membesar, ibu-ibu sering mendapatkan varises saat hamil dan kadang tidak hilang meski sudah melahirkan.

3. Hormonal
Faktor lain yang memicu terjadinya varises di kaki pada ibu hamil adalah perubahan hormonal selama mengandung. Faktor ini juga bisa memicu varises pada para remaja puber serta para wanita yang memasuki masa menopause atau menggunakan kontrasepsi hormonal.

4. Kurang bergerak
Banyak pekerja kantoran yang mengalami varises karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskannya duduk seharian. Faktor kurang gerak menyebabkan sirkulasi darah di kaki tidak lancar, memicu tekanan berlebih di sekitar kaki dan hasilnya pembuluh darah lama-lama akan melebar.

5. Terlalu banyak berdiri
Kebalikan dari terlalu banyak duduk, seseorang yang terlalu banyak berdiri juga rentan mengalami varises. Dalam posisi berdiri, darah lebih banyak terkonsentrasi di kaki sehingga tekanannya di daerah itu meningkat. Jika terlalu lama, kondisi ini menyebabkan pembuluh darah melebar secara permanen.

Dokter Spesialis Bedah Vaskuler, Dr. Ary Mboeik, Sp.BTKV (K) BV dalam konsultasi kesehatan detikHealth mengatakan, varises terasa sakit karena di varises terkumpul darah venous yang banyak mengandung CO2 dan asam laktat (susu) yang menimbulkan nyeri dan kelelahan.

Jika varises belum begitu besar masih dapat dihilangkan dengan cara suntikan atau sclerosing. Stadium ringan biasanya dapat disembuhkan dengan obat-obatan atau dengan suntik sedangkan stadium lanjut membutuhkan operasi.

Orang yang berisiko tinggi terkena varises adalah ibu hamil, juru masak, perawat, pelayan, penata rambut dan pekerjaan lain yang mengharuskan duduk atau berdiri lama.

(up/ir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar