5 Macam Tes Untuk Kanker Leher Rahim !

Sekarang kanker serviks atau biasa disebut dengan kanker leher rahim sangat menakutkan para wanita muda maupun ibu-ibu. Gejala-gejala kanker leher rahim memang sangat jarang kita ketahui ( baca disini gejala kanker leher rahim ). Untuk mengetahui kanker leher rahim dapat dilakukan dengan serangkaian tes penapisan.

Tahukah anda bahwa ada 5 macam tes penapisan untuk mengetahui kanker leher rahim itu. Apa sajakah tes untuk mengetahui kanker leher rahim. Berikut uraian singkatnya.

+ Test HPV
# Menggunakan teknik pemeriksaan molekuler, DNA yang terkait dengan HPV di uji dari sebuah contoh sel yang diambil dari leher rahim atau liang senggama.

+ Test Pap/Pap Smear
# Pemeriksaan sitoslogis dari apusan sel-sel yang diambil dari leher rahim. Slide diperiksa oleh teknisi sitologi atau dokter ahli patologi untuk melihat perubahan sel yang mengindikasikan terjadinya inflamasi, dysplasia atau kanker.

+ Test IVA
# Pemeriksaan inspeksi visual dengan mata telanjang ( tanpa pembessaran 0 seluruh permukaan leher rahim dengan bantuan asam asetat/cuka yang diencerkan.

+ Test Servikografi
# Kamera khusus digunakan untuk memfoto leher rahim. Filem dicetak dan foto diinterpretasi oleh petugas terlatih. Pemeriksaan ini terutama digunakan sebagai tambahan IVA, tetapi dapat juga sebagai metode penapisan primer.

+ Test Kolposkopi
# Pemeriksaan visual bertenaga tinggi ( pembesaran ) untuk melihat leher rahim, bagian luar dank anal bagian dalam leher rahim. Biasanya disertai biopsy jaringan ikat yang tampak abnormal. Terutama digunakan untuk mendiagnosa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar