Kerjaan di Rumah yang Bikin Bugar

Solusi Hidup Sehat


Ibu-ibu rumah tangga kadang merasa tidak memiliki waktu untuk berolahraga dan menurunkan berat badannya. Tapi tanpa disadari beberapa pekerjaan rumah tangga justru bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Ibu rumah tangga yang selalu mengerjakan pekerjaan sehari-hari sebenarnya sudah melakukan olahraga secara teratur, bahkan beberapa posisi saat melakukan pekerjaan rumah mirip dengan kegiatan yang dilakukan di pusat kebugaran.

Ada berbagai kegiatan di rumah yang memiliki fungsi sama seperti di tempat pusat kebugaran dan dapat memicu penurunan berat badan. Berikut ini beberapa kegiatan rumah tangga yang bermanfaat untuk kesehatan, yaitu:

Gerakan jongkok
Setiap kali duduk dan bangun dari kursi, memilih barang di rak yang rendah atau berjongkok dengan menekuk lutut dan posisi punggung lurus sempurna akan bermanfaat. Gerakan ini bisa memberikan latihan yang baik pada otot atas bagian kaki (quadriceps dan hamstring) dan bokong.

Gerakan mengangkat barang
Mengangkat keranjang cucian, anak atau barang belanjaan bisa memberikan efek bagi tubuh, karena setiap gerakan mengangkat benda akan memberi tekanan pada otot inti yang termasuk otot perut dan punggung. Pada saat itu pastikan sambil mengeluarkan napas dengan menarik pusar ke arah tulang belakang.

Gerakan menaiki tangga
Ketika menaiki tangga, maka seseorang akan melatih bokong dan otot paha. Latihan ini akan lebih efektif jika tidak berpegangan tangan pada pagar penyangga. Selain itu gerakan ini juga bisa meningkatkan kekuatan tubuh.

Saat melakukan kegiatan tersebut, jangan lupa untuk melatih pernapasan. Biarkan otot perut mengembang saat menarik napas dan menarik otot perut saat napas di keluarkan. Serta meningkatkan efisiensi gerakan dengan membangun koneksi antara pikiran dan tubuh agar mendapat manfaat kesehatan secara menyeluruh.


Solusi Hidup Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar