Makanan Untuk Kesehatan Jantung !

Kesehatan jantung merupakan hal yang sangat perlu kita perhatikan terlebih lagi seringkali sakit jantung tidak diawali dengan gejala yang jelas. Banyak cerita telah kita dengar, bahwa orang yang sehat, berolah raga teratur mendadak terkena gejala stroke dan bahkan mendadak mengalami penyumbatan pembuluh darah yang cukup parah sehingga perlu dipasang “ring” untuk menjaga aliran darahnya tetap lancar. Salah satu cara yang perlu kita lakukan adalah mengatur pola makan kita sehingga dapat menghindari sakit jantung tersebut.

Berikut daftar makanan yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Salmon

Ikan merupakan sumber omega-3 yang berfungsi untuk mengurangi resiko penyempitan aliran darah. Salmon dan beberapa ikan laut seperti tuna dan sarden merupakan contoh ikan laut yang baik demi kesehatan terutama kesehatan jantung. Meskipun demikian, kita juga perlu memperhatikan cara pengolahannya sehingga dapat berfungsi maksimal. Cara pengolahan terbaik untuk salmon adalah dengan di-grill sehingga tidak mengandung terlalu banyak minyak.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun berfungsi untuk menurunkan kolesterol LDL. Anda dapat gunakan minyak zaitun ini sebagai pengganti minyak untuk masak. Selain dapat digunakan sebagai minyak untuk memasak, minyak zaitun ini juga aman diminum dalam ukuran 1 sloki per harinya.

Gandum

Gandum mengandung serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan kolesterol LDL. Untuk gandum ini, ada tersedia berbagai macam minuman gandum (oat meal) di supermarket. Selain itu anda juga bisa mulai mengkonsumsi roti gandum sebagai pengganti roti tawar.

Apel

Apel mengandung serat dan quercetin yang dimana berfungsi sebagai anti inflamasi dan membantu pencegahan penyempitan aliran darah.

Almond

Almond dan beberapa kacang-kacangan mengandung vitamin E dan beberapa kandungan yang membantu menjaga kolesterol di batas normal. Almon juga merupakan salah satu sumber protein dan serat yang baik.

Anggur Merah (Red Wine)

Red wine ini mungkin agak sulit ditemui di Indonesia dan mungkin hanya ada beberapa pusat perbelanjaan yang menjual red wine. Namun tidak ada salahnya jika kita bisa berusaha mendapatkan red wine ini karena anggur merah ini mengandung anti oksidan yang disebut resveratrol dan ini sudah terbukti telah menjadi salah sangat baik bagi kesehatan. Yang perlu dikonsumsi untuk kesehatan hanyalah sekitar 4-8 ons per hari

Tomat

Tomat juga telah terbukti dapat mengurangi resiko terjadinya sakit jantung. Namun yang menarik dari tomat adalah tomat yang telah dimasak jauh lebih baik dibandingkan dengan tomat mentah karena saat terkena suhu tertentu tomat mengeluarkan anti oksidan yang sangat baik bagi tubuh dan bahkan dapat mengurangi resiko terkena sakit kanker

Kedelai

Kedelai telah terbukti memiliki kadar protein yang tinggi yang dapat menggantikan daging merah (misalnya daging sapi) namun tidak mengandung lemak yang tinggi. Sehingga bahan makanan yang terbuat dari kedelai seperti tahu dapat menjadi alternatif pilihan makanan sumber protein pengganti daging.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar