Gejala dan
Penyelesaian Kerusakan Pada Printer Dot-Matrix
Masalah dan trouble
yang sering terjadi pada printer, berikut ?
* Printer tidak dapat
mencetak
* Printer kelihatan
mencetak, namun tidak ada sesuatu yang tertulis diatas kertas
* Halaman cetakan
tidak lengkap atau karakter yang dicetak aneh
* Lampu indikator
hanya berkedip-kedip terus saat diberikan perintah mencetak
* Kertas tidak dapat
masuk ke printer sebagaimana mestinya
* Kertas tidak dapat
keluar dari printer
* Hasil cetakan
bergaris -garis
* Beberapa fitur yang
dijanjikan oleh produsen printer tidak dapat bekerja
* Printer menjadi
lambat dalam mencetak
* Font yang tercetak
tidak sama dengan yang tampil di layar monitor
Bila anda pernah
menemui masalah -masalah diatas, mungkin tips-tips berikut ini dapat anda
lakukan:
Ada beberapa
kemungkinan yang dapat menyebabkan printer tidak dapat mencetak. Anda dapat
mulai untuk memeriksa
hal-hal berikut:
1. Periksa koneksi
printer dengan jaringan listrik. Pastikan kabel power printer telah
dicolokkan ke
konektor (stop kontak) listrik dengan sempurna .
2. Pastikan saklar
“on-off” printer atau tombol switch printer dalam posisi “on”. Permasalahan
yang diakibatkan oleh
tidak adanya power untuk printer ini biasanya ditandai dengan tidak
menyalanya LED (lampu
indikator) dari printer tersebut, selama printer menggunakan LED
untuk indikator
power.
3. Periksa sambungan
kabel data printer, apakah sudah terhubung dengan port pararel / port
USB di komputer
dengan benar.
4. Cobalah untuk
menggunakan kabel data printer yang lain (pinjam teman) sebagai
percobaan. Pernah
terjadi kasus yang diakibatkan oleh putusnya tembaga dari salah satu
kabel data di tengah
-tengah kabel sehingga data dari komputer tidak dapat sampai ke printer.
5. Apabila anda
menggunakan sistem operasi Microsoft® Windows®, dan anda menggunakan
printer yang
terhubung ke port pararel di komputer anda, coba jalankan perintah yang
dicetak tebal berikut
ini di jendela MSDOS® Prompt:
6. C:\>dir
>>LPT1
7. Maksud dari
perintah diatas adalah untuk membelokkan hasil tampilan perintah “dir”
(perintah untuk
penampilkan daftar isi dari suatu direktori) dari yang seharusnya ke monitor
namun dialihkan ke
port pararel komputer.
8. Pastikan anda
telah melakukan instalasi driver untuk printer tersebut.
9. Pastikan anda
telah memilih driver yang tepat untuk printer yang anda gunakan.
10. Pastikan anda
telah memilih port yang tepat untuk printer anda. Lihat opsi ini melalui menu
printer poperties.
11. Coba gunakan
aplikasi teks editor standard untuk sistem operasi anda untuk mencetak
sesuatu (misalnya
notepad). Jika aplikasi teks editor anda dapat mencetak, maka
kemungkinan besar
kesalahan bukan pada printer anda.
12. Cobalah untuk
merubah setting printer anda menjadi “Default Printer” atau cobalah untuk
melakukan instalasi
ulang driver untuk printer anda dengan nama printer yang lain dan
ubahlah instalasi
baru tersebut sebagai “Default Printer”.
13. Pastikan anda
memiliki space hardisk yang mencukupi. Kadang jika buffer tidak cukup
maka data tidak dapat
dikirim ke printer dengan sempurna.
14. Cobalah untuk
merubah setting “spooler” untuk printer anda melalui menu properties
printer. Fitur
“spooler” ini digunakan dengan tujuan agar anda tetap dapat menjalankan
aplikasi ketika
dilakukan pencetakan dokumen.
15. Cek apakah ada
resource yang konflik dengan port yang digunakan oleh printer anda.
Gunakan bantuan
“hardware troubleshooter” apabila terjadi konflik.
Kasus ini mungkin
juga disebabkan oleh port komputer anda yang bermasalah. Untuk
mengetahuinya,
apabila langkah-langkah diatas sudah anda lakukan namun tidak menemukan “titik
terang”, cobalah
untuk memindah koneksi port printer anda ke port lain (misal USB1 ke USB3) atau
cobalah printer anda
di komputer lain.
II. Printer kelihatan mencetak, namun tidak ada
sesuatu yang tertulis diatas kertas
Kasus ini umumnya
disebabkan oleh kosongnya tinta atau toner printer atau habisnya karbon yang
ada di pita printer
anda . Cobalah untuk mengganti tinta, toner atau pita printer dengan yang baru.
Jangan lupa untuk
memeriksa apakah ada sesuatu yang menghalangi head dengan kertas (misalnya
plastik segel pada
printer baru). Ada kasus pada printer yang menggunakan tinta, dimana tinta yang
masih berada di head
printer telah kering karena printer lama tidak digunakan sehingga terjadi
penyumbatan. Khusus
untuk printer yang headnya dapat dilepas dengan mudah, masalah ini kadang
dapat diselesaikan
dengan cara yang sederhana berikut:
1. Lepaskan head dan
catridge dari printer.
2. Pisahkan catridge
tinta dari head.
3. Pastikan anda
tidak memegang -megang rangkaian elektronik yang ada disekitar head printer
yang telah anda lepas
karena dapat merusakkannya.
4. Ambil air panas,
tuangkan dalam mangkok.
5. Celupkan ujung
head ke dalam air panas yang ada dalam mangkok. Perhatikan jangan
sampai air menyentuh
rangkaian elektronika yang ada di sekitar head karena dapat
merusakkannya !
6. Goyang -goyangkan
head tersebut hingga tinta yang ada di dalam head mencair.
7. Ulangi langkah
pencelupan (4 hingga 6) diatas dengan air panas yang baru hingga air panas
yang baru tetap
bening (tidak terkontaminasi tinta yang keluar dari head).
8. Keringkan head
dengan kain yang halus hingga benar-benar kering.
9. Satukan kembali
catridge tinta dengan head. Disarankan untuk menggunakan catridge yang
masih baru.
10. Pasang kembali
head dan catridge ke printer dan cobalah untuk mencetak.
Bila anda telah mela
kukan langkah -langkah pembersihan head seperti diatas namun hasilnya tetap
sama, kemungkinan
penyumbatan terjadi hingga bagian pipa penyaluran tinta. Bila hal ini terjadi,
cobalah untuk
menguapi saluran tinta head dengan uap panas hingga kira-kira tinta yang ada di
dalam pipa mencair,
kemudian ulangi langkah pembersihan head seperti diatas.
III. Halaman cetakan tidak lengkap atau karakter
yang dicetak aneh
Kasus ini bisa
disebabkan oleh beberapa hal. Coba ikuti petunjuk berikut :
1. Periksa hubungan
printer dengan komputer, apakah hubungannya sudah sempurna.
2. Periksa kabel data
yang anda gunakan. Cobalah mengganti dengan kabel data yang lain
(jangan langsung
beli, pinjam teman dulu kabel data untuk memastikan kerusakan ini agar
anda tidak rugi).
3. Periksa pula driver
yang anda gunakan untuk printer, apakah sudah sesuai atau belum. Bila
perlu, update atau
install ulang driver dengan versi terbaru yang dikeluarkan secara resmi
oleh perusahaan
pembuat printer.
4. Periksa apakah
dokumen atau data yang anda cetak rusak. Kesalahan pembacaan data yang
disebabkan oleh
kerusakan data dapat mengakibatkan hasil cetakan tidak lengkap atau
karakter yang dicetak
tidak lengkap.
5. Pastikan
pengaturan halaman pada aplikasi yang anda gunakan telah benar.
6. Pastikan anda
masih memiliki kapasitas hardisk dan memori yang cukup untuk menuliskan
buffer data.
7. Periksa apakah
printer anda memerlukan suatu prosedur maintenance pada saat tertentu.
Untuk tipe printer
tertentu, mungkin saja anda perlu untuk mengatur ulang setting printer
anda setelah periode
pemakaian tertentu.
IV. Lampu indikator hanya berkedip-kedip terus
saat diberikan perintah mencetak
Ada beberapa
kemungkinan yang dapat menjadi penyebab hal ini seperti:
1. Catridge printer
belum terpasang atau belum terpasang dengan sempurna .
2. Posisi pemasangan
catridge tidak tepat.
3. Catridge yang
dipasang pada printer tidak cocok untuk printer tersebut.
4. Tidak ada kertas
di printer.
5. Setelah kertas
yang dimuat belum ditekan tombol kertas masuk/resume.
6. Ada kertas yang
tersumbat (nyangkut) di dalam printer.
7. Periksa apakah
“pintu” printer telah ditutup dengan sempurna.
Jika kemungkinan
diatas tidak ada yang sesuai untuk mengatasi masalah anda, cobalah untuk
mematikan printer
beberapa saat dan kemudian menghidupkannya kembali.
V. Kertas tidak dapat masuk ke printer
sebagaimana mestinya
Silakan mencoba
petunjuk berikut untuk mengatasi masalah ini:
1. Cobalah untuk
memuat ulang kertas ke dalam printer.
2. Bila ada, atur
switch pilihan ukuran kertas sesuai dengan ukurannya.
3. Periksa
kemungkinan terlalu banyaknya le mbaran kertas yang termuat.
4. Periksa apakah
kertas dalam kondisi baik, tidak berkeriput atau melengkung.
5. Periksa apakah
ukuran kertas adalah sama untuk setiap lembarnya.
6. Periksa apakah ada
kertas lain yang tersumbat di dalam printer.
7. Periksa apakah
“pintu” printer sudah tertutup dengan sempurna.
VI. Kertas tidak dapat keluar dari printer
Untuk melepaskan
kertas yang tersumbat (nyangkut) di dalam printer, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Matikan power
printer.
2. Lepaskan kabel
power printer dari konektor (stop kontak) listrik.
3. Keluarkan kertas
dari penampan (bila ada).
4. Buka pintu
printer.
5. Apabila
dimungkinkan, lepaskan pintu printer dengan menarik pegangan di kedua sisinya
kemudian angkat
keatas.
6. Buka pemisah
kertas (bila ada).
7. Pegang kertas yang
tersumbat itu di kedua sisinya dan tarik keluar pelan-pelan.
8. Setelah kertas
berhasil dikeluarkan, tutup kembali pemisah kertas (bila ada).
9. Pasang kembali
pintu printer.
10. Tutup pintu
printer.
11. Masukkan kertas
ke penampan dan cobalah untuk mencetak kembali.
VII. Hasil cetakan bergaris-garis
Untuk printer tinta,
ada kemungkinan head printer kotor. Bersihkan head printer menggunakan
cara penanganan kasus
2 diatas. Apabila tidak memecahkan masalah, cobalah ganti catridge tinta
dengan yang baru dan
biarkan semalaman, setelah itu coba gunakan lagi untuk mencetak. Untuk
printer tipe
dot-matrix, kasus ini kemungkinan disebabkan oleh adanya komponen penggerak
head
yang bermasalah.
Pernah terjadi kasus seperti ini pada printer dot -matrik yang disebabkan oleh
matinya salah satu
transistor penggerak head. Pernah pula kasus ini disebabkan oleh rusaknya
kabel data yang
mengirimkan informasi ke head printer. Kalau kasus ini terjadi, mau tidak mau
anda harus membawa
printer dot-matrix anda ke tukang servis untuk mengganti komponen yang
ada, kecuali anda
paham tentang elektronika.
VIII. Beberapa fitur yang dijanjikan oleh produsen
printer tidak dapat bekerja
Pastikan anda
menggunakan driver printer yang dikeluarkan secara resmi oleh produsen pembuat
printer untuk printer
anda. Pastikan pula driver tersebut dirancang untuk sistem operasi yang anda
gunakan. Cobalah
untuk menggunakan versi terbaru dari driver yang dikeluarkan. Pastikan pula
anda telah memenuhi
syarat yang diajukan oleh produsen printer untuk menggunakan suatu fitur
tertentu.
IX. Printer menjadi lambat dalam mencetak
Kasus ini kebanyakan
disebabkan karena penuhnya memori, baik memori komputer maupun memori
yang ada di dalam
printer. Coba ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasi masalah ini:
1. Bila anda
menggunakan sistem operasi Microsoft ® Windows® XP/2000/NT, pastikan anda
masih memiliki sisa
ruang hardisk sekurang-kurangnya 120 MB.
2. Pastikan anda
tidak menjalankan aplikasi lain yang menghabis kan memori.
3. Pastikan komputer
anda bersih dari “virus” komputer.
4. Periksa kembali
konfigurasi printer anda.
5. Cobalah untuk
melakukan defragmentasi hardisk.
6. Bila hal ini tidak
memecahkan masalah, cobalah untuk membandingkan kecepatan
mencetak dari printer
anda di komputer lain. Apabila di komputer lain ternyata bisa lebih
cepat, kemungkinan
komponen-komponen mainboard yang menangani komunikasi antara
komputer dengan
printer anda sudah mulai “aus”.
X. Font yang tercetak
tidak sama dengan yang tampil di layar monitor
Apakah anda
menggunakan “True Type Font”? Penggunaan jenis font tersebut akan
menghasilkan cetakan
yang sama dengan apa yang ada pada layar. Cobalah untuk mengganti
font yang anda
gunakan dengan font yang berjenis “True Type Font”. Periksa pula apakah file
font yang anda
gunakan tersedia di komputer anda.
Apabila anda
menggunakan printer yang berjenis postscript, matikan opsi penggantian “True
Type Font” dengan
“PostScript Font” melalui menu “Printer Preferences”.
Pastikan pula driver
printer anda tidak bermasalah. Cobalah untuk melakukan instalasi ulang
Sumber: http://agoeng95.blogspot.com
wah,,, luar biasa rtikelnya nihhh
BalasHapushttp://asrarudin91.blogspot.com/
Maaf Mas / Mbak Saya Copas ARtikelnya Karena Buat Belajar Hafalan Tentang Kerusakan Pada Printer :) .
BalasHapus