Herbal: Echinacea

Deskripsi:
Echinacea adalah tanaman berbunga yang banyak tumbuh di Eropa dan Amerika Utara. Di Amerika, Echinacea merupakan salah satu herbal yang paling populer hingga saat ini. Sehingga echinacea disebut Native American. Ciri tumbuhan ini adalah bunganya yang seperti duri landak marah.

Hasil penggalian arkeologi menunjukkan bahwa penduduk asli Amerika mungkin telah menggunakan echinacea selama lebih dari 400 tahun untuk mengobati infeksi dan luka dan sebagai obat segala penyakit. Sepanjang sejarah orang-orang Indian menggunakan echinacea untuk mengobati demam scarlet, sifilis, malaria, keracunan darah, dan difteri.

Meskipun ramuan ini populer pada abad 18 dan 19, di Amerika Serikat penggunaannya mulai menurun setelah diperkenalkannya antibiotik. Echinacea menjadi semakin populer di Jerman sepanjang abad ke-20. Bahkan, sebagian besar penelitian ilmiah tentang echinacea telah dilakukan di Jerman.

Kandungan:
Echinacea mengandung beberapa bahan kimia yang berperan dalam efek terapi, kandungan tersebut antara lain; polisakarida, glikoprotein, alkamides, minyak atsiri, dan flavonoid.

Khasiat:
Saat ini, echinacea digunakan untuk meringankan gejala flu seperti sakit tenggorokan (faringitis), batuk, dan demam. Banyak ahli pengobatan tradisional menyarankan penggunaan echinacea untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh memerangi infeksi.

Sumber: detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar