Benarkah Tidur Siang Bikin Gemuk?

Banyak orang yang takut tidur siang karena dianggap sebagai pemicu kenaikan berat badan. Benarkah tidur siang bikin orang cepat gemuk?

Anggapan itu terkait dengan kebiasaan orang yang tidur siang sehabis makan siang. Ada mitos kalori yang dimasukkan setelah makan siang akan menumpuk menjadi lemak jika dibawa tidur siang.

Tetapi ternyata hingga saat ini peneliti belum menemukan hubungan kegemukan dengan tidur siang. Yang jelas kebiasaan tidur siang yang lama memang membuat tubuh tidak bergerak sehingga kalori yang dibakar menjadi sedikit.

Yang perlu diperhatikan, menurut dokter kesehatan keluarga dari Virginia, Kristie Leong MD seperti dilansir HealthMad, Rabu (23/2011), durasi tidur siang jangan lebih dari 30 menit.

Tidur siang yang terlalu lama atau lebih dari 30 menit akibatnya malah akan membuat merasa mengantuk terus sepanjang hari. Tubuh jadi tidak bergerak sehingga kalori yang di dalam tubuh jadi tidak terbakar.

Sebaliknya menurut Dokter Leong, tidur siang dalam durasi yang pendek (30 menit) justru memiliki banyak manfaat. Salah satunya menggantikan kurang tidur di malam hari bagi yang sering kerja lembur, meski kualitasnya tentu tidak sebaik tidur malam.

Tidur siang bukan berarti memperbanyak waktu tidur, yang penting jumlah keseluruhan tidur dalam satu hari masih dalam batas wajar, yaitu 6-7 jam sehari untuk orang dewasa.

Tidur siang dalam durasi pendek juga membantu menjaga kadar hormon stres atau kortisol, sehingga pikiran akan menjadi lebih segar setelah bangun. Dengan tingkat stres yang rendah justru baik untuk mencegah kenaikan berat badan.

Tidur siang yang tepat juga akan membuat sistem pencernaan mendapat suplai darah yang cukup dibandingkan saat beraktivitas.

Tapi tidur siang sebaiknya jangan dilakukan langsung sehabis makan siang tapi tunggu 1-2 jam. Tidur siang langsung setelah makan malah jadi penyakit seperti gangguan pencernaan termasuk refluks asam lambung.

Sementara bagi penderita refluks asam lambung, tidur siang langsung setelah makan akan membuat kondisinya memburuk. Posisi tubuh yang horisontal saat berbaring membuat asam lambung mudah berbalik ke arah mulut, kemudian memicu nyeri di dada dan pangkal tenggorokan.

Selain itu, orang-orang yang pekerjaannya menuntut kewaspadaan ekstra tinggi juga tidak disarankan untuk tidur siang setelah makan. Tidur siang dengan perut kenyang sedikit banyak akan mengurangi tingkat kewaspadaan setelah terjaga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar