Makanan yang Baik Untuk Jantung

Makanan tidak hanya memberikan nutrisi penting bagi tubuh, beberapa makanan tertentu diketahui baik untuk jantung sehingga bisa menjauhkan seseorang dari penyakit. Makanan apa saja itu?

Selama bertahun-tahun para ilmuwan dan ahli gizi telah mempelajari makanan apa saja yang baik untuk jantung. Berikut ini adalah makanan terbaik untuk jantung sekaligus bisa membantu menyelamatkan hidupnya, yaitu:

1. Oats atau gandum
Gandum yang biasa dijadikan menu sarapan pagi mengandung serat larut beta-glucan yang diketahui bisa menurunkan kolesterol total dalam darah serta kolesterol jahat (LDL). Tingkat kolesterol tersebut penting karena bertanggung jawab terhadap terjadinya serangan jantung. Selain itu ia juga mengandung indeks glikemik rendah yang membantu mencegah diabetes.

2. Anggur merah
Dalam jumlah tertentu anggur merah bisa melindungi kardiovaskular. Efek ini berasal dari antioksidan yang ada di dalamnya, terutama resveratrol. Selain itu polifenol lain dalam anggur merah telah terbukti mengurangi bekuan darah sehingga mencegah platelet menggumpal yang bisa menyumbat arteri koroner.

Manfaat lainnya adalah turut menurunkan tekanan darah dan risiko jantung koroner, serta memiliki kandungan protein C-reaktif rendah yang merupakan penanda peradangan pembuluh koroner.

3. Bayam
Bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya mengandung asam folat (vitamin B9), sehingga mengurangi tingkat sirkulasi homocystein dalam darah (jika kadarnya tinggi bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke), serta mencegah kelainan tulang belakang pada bayi baru lahir.

4. Kacang almond
Kacang almond kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan ganda sehingga meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), serta mengandung phytosterol (sterol alami) yang dapat menghambat saluran usus menyerap semua jenis lemak dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Ikan salmon
Salmon dan ikan tertentu telah terbukti secara ilmiah bisa melindungi jantung karena mengandung bahan aktif asam lemak omega-3, serta mengurangi tekanan darah, menghalangi fungsi trombosit dan proses pembekuan, mencegah pembentukan plak di dinding arteri. Selain itu omega-3 juga membantu mengatur aktivitas listrik jantung sehingga mengurangi kemungkinan kematian jantung mendadak

Solusi Hidup Sehat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar