Penyebab Tubuh Gampang Sekali Mengantuk

Rasa kantuk normalnya akan muncul ketika malam hari saat tubuh membutuhkan tidur. Tapi pada beberapa orang rasa kantuk yang muncul kadang tidak melihat waktu. Apa saja yang menyebabkan tubuh gampang mengantuk?

Kantuk yang terus menerus bisa mengganggu pekerjaan, berbahaya jika menyerang saat menyetir dan dapat menurunkan kualitas hidup serta produktivitas. Selain itu kantuk juga bisa menjadi gejala dari gangguan kesehatan kesehatan.

Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan tubuh gampang sekali mengantuk, yaitu:

1. Kurang tidur
Secara umum seseorang membutuhkan tidur 8 jam sehari, jika kurang bisa mempengaruhi konsentrasi dan kesehatan sehingga mudah ngantuk. Untuk itu pastikan tubuh mendapat istirahat yang cukup.

2. Memiliki gangguan tidur
Gangguan tidur seperti napas yang tiba-tiba berhenti, mendengkur atau sering terbangun bisa membuat kualitas menurun dan tubuh mengantuk keesokan harinya, meskipun ia tidur selama 8 jam di malam hari.

3. Anemia
Kurangnya sel darah merah akan membuat seseorang merasa lelah dan mengantuk terutama pada perempuan saat ia menstruasi. Karena itu perbanyaklah mengonsumsi makanan yang kaya zat besi seperti sayuran berdaun hijau, hati dan sereal.

4. Gangguan saluran kemih
Gangguan seperti infeksi bisa menimbulkan rasa sakit dan terbakar yang lebih sering terjadi di malam hari sehingga mengganggu waktu tidur.

5. Diabetes
Fluktuasi kadar gula darah bisa membuat tubuh kehabisa energi yang menyebabkan rasa lelah serta mengantuk tanpa alasan yang jelas. Selain itu salah satu gejala klasik dari diabetes adalah banyak pipis yang bisa mengganggu waktu tidur.

6. Kerja shift
Memiliki pekerjaan dengan shift malam bisa mengganggu pola tidur normal dan jam biologis tubuh, sehingga membuat seseorang merasa kantuk sepanjang hari

Solusi Hidup Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar