Tanda-tanda Munculnya Kebotakan Pada Pria dan Wanita

Ancaman kebotakan tidak hanya dialami pria karena wanita juga bisa mengalaminya meski risiko pada pria lebih tinggi. Pola kebotakan pria dan wanita ini berbeda gejalanya. Meski begitu kebotakan bisa dicegah asal gejala awalnya terdeteksi sejak dini.

Jenis kebotakan yang dialami oleh pria umumnya adalah kebotakan berpola, yakni penipisan rambut di bagian tertentu saja misalnya di bagian depan. Sementara pada sebagian besar wanita, penipisan rambut yang terjadi biasanya lebih merata di seluruh bagian.

Karena itu, gejala awal yang menandai dimulainya proses kebotakan juga berbeda antara pria dan wanita. Berikut ini beberapa gejala kebotakan pada pria maupun wanita.

Gejala awal kebotakan pada pria

1. Rambut bagian atas atau depan menipis
Kebotakan pada pria umumnya dimulai dengan penipisan pada rambut kepala bagian atas atau depan. Penipisan terjadi secara bertahap, kadang tidak disadari dan baru akan kelihatan saat membandingkan foto yang diambil 2 tahun lalu dengan kondisi rambut saat ini.

2. Kontur rambut berubah
Semakin mundurnya kontur rambut di bagian depan (widow's peak) juga bisa dijadikan indikator dimulainya kebotakan. Kondisi ini menyebabkan area dahi yang tidak tertutup oleh rambut makin menjorok ke belakang, meski tahapannya sangat lambat dan sering tidak disadari.

3. Jarak tumbuh rambut makin jarang
Bagi pria khususnya yang berambut pendek, rambut rontok umumnya tidak diperhatikan sehingga sulit dijadikan indikator dimulainya kebotakan. Namun tanda-tanda kebotakan bisa dilihat dengan menyibak rambut, lalu mengamati jarak tumbuh antara rambut yang makin lebar dan jarang.

Gejala awal kebotakan pada wanita

1. Karet rambut lebih banyak mengikat saat dikuncir
Wanita hampir tidak ada yang mengalami kebotakan berpola seperti pria, sehingga penipisan lebih sering terjadi di seluruh bagian secara merata. Sulit diamati secara kasat mata, namun akan kelihatan jika saat dikuncir jadi lebih kendur dari biasanya.

2. Banyak rambut rontok di sisir dan kamar mandi
Karena wanita umumnya berambut lebih panjang, kerontokan mudah diamati dari kondisi sisir dan lantai kamar mandi. Jika rambut yang nyangkut di sisir dan saluran pembuangan di kamar mandi lebih banyak dari biasanya, maka harus diwaspadai sebagai gejala penipisan rambut.

Solusi Hidup Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar