Kapan Orang Harus Berobat ke Dokter?

Berobat ke dokter kadang-kadang dianggap sebagai upaya terakhir oleh sebagian orang. Padahal mengetahui penyakit lebih dini bisa meningkatkan peluang Anda untuk sembuh. Lalu kapan sebaiknya orang berobat ke dokter?

Banyak orang tidak suka pergi ke dokter dengan berbagai alasan. Alasan yang paling umum adalah karena dokter sering membawa 'kabar buruk'. Kebanyakan orang menyangkal penyakit yang didiagnosa oleh dokter karena merasa baik-baik saja, hingga akhirnya penyakit tersebut semakin memburuk dan menunjukkan gejala.

Alasan lain yaitu pergi ke dokter membutuhkan banyak waktu dan uang. Kehidupan masyarakat umumnya sangat sibuk, terutama ketika mulai bekerja. Tidak adanya waktu biasa digunakan sebagai alasan untuk tidak pergi ke dokter, yang pada akhirnya penyakit semakin memburuk dan memerlukan lebih banyak uang untuk mengobatinya.

Namun bagaimanapun, Anda tetap memerlukan dokter. Kesehatan adalah hal yang paling penting dan jangan remehkan gejala penyakit sekecil apapun.

Berikut adalah beberapa gejala kesehatan sederhana yang mengharuskan Anda segera menghubungi dokter seperti dilansir familydoctor.org, Rabu (19/1/2011):

1. Demam tinggi
Pada umumnya demam tidak membahayakan, tapi ada beberapa kondisi yang mengharuskan Anda segera menghubungi dokter terutama bila suhu tubuh tinggi mendekati 40 derajat celsius. Tapi jika anak atau bayi yang usianya lebih muda sebaiknya hubungi dokter bila suhu tubuh 38 derajat atau lebih.

2. Demam lama
Segera hubungi dokter bila demam Anda tidak turun selama lebih dari 48 jam atau disertai dengan muntah dan diare yang berlangsung lebih dari 12 jam.

3. Batuk berlendir
Jika Anda demam disertai dengan batuk yang menghasilkan lendir berwarna kuning, hijau, coklat atau berdarah.

4. Sakit bagian tubuh
Jika mengalami sakit kepala yang parah, leher kaku, kelelahan dan muntah, berarti Anda harus segera menghubungi dokter karena hal tersebut merupakan masalah kesehatan yang sangat mematikan.

5. Demam tidak teratur
Jika demam tidak teratur, datang dan pergi, kelenjar getah bening bengkak atau mengalami sakit tenggorokan, sakit telinga dan kelelahan. Hal ini juga merupakan tanda serius yang mengharuskan Anda menghubungi dokter.

6. Gangguan pencernaan
Juga hubungi dokter bila Anda merasakan sakit perut yang hebat, sesak napas, mual dan muntah terus menerus.

7. Rasa terbakar saat buang air kecil
Kekakuan atau ketidaknyamanan dan rasa terbakar saat buang air kecil juga mengharuskan Anda menghubungi dokter.

Segeralah hubungi dokter bila Anda mengalami gejala-gejala tersebut sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah atau bahkan permanen, terlebih lagi bila Anda mengalami gejala yang lebih parah dan menyakitkan. Sebaiknya jangan tunda dan jangan jadikan dokter sebagai pilihan terakhir untuk kesehatan Anda.

Ada baiknya juga melakukan check up rutin terutama bagi orang yang telah berusia 40 tahun untuk dapat mendeteksi penyakit bahkan sebelum adanya keluhan atau gejala.

"Pemeriksaan kesehatan rutin dan tentu dengan follow up jika ditemukan kelainan adalah salah satu upaya agar kita agar bisa selalu mengontrol kesehatan kita," Dr H Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Lambung dan Pencernaan, FKUI-RSCM seperti dikutip dari tulisannya.

Menurut Dr Ari, dengan rajin check up orang tidak perlu menunggu sampai gejala timbul. Karena serangan jantung yang mematikan sebenarnya bermula dari proses yang panjang. Kadar kolesterol tinggi, kadar gula darah tinggi, asam urat tinggi, tumor kecil di paru, fatty liver, batu di kandung empedu, tumor kecil di hati atau pankreas atau polip di saluran cerna dan lain-lain pada awalnya tanpa gejala.

Semakin dini ditemukan semakin mudah dan tentu juga belum terjadi komplikasi. "Sekali lagi akhirnya pemeriksaan kesehatan rutin dan tentu dengan follow up jika ditemukan kelainan adalah salah satu upaya agar kita agar bisa selalu mengontrol kesehatan kita," pungkas Dr Ari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar