Menurunkan 10% Berat Badan Bisa Minimalkan Risiko 4 Penyakit

Bagi orang yang memiliki berat badan berlebih segeralah melakukan penurunan berat badan secara bertahap. Dengan berat badan ideal tidak hanya bermanfaat bagi bentuk tubuh. Karena menurunkan 10 persen berat badan berlebih bisa mengurangi risiko 4 penyakit.

"Tidak seorang pun bisa menaiki gunung dalam satu langkah besar, tapi yang dibutuhkan adalah serangkaian langkah-langkah kecil hingga akhirnya mencapai puncak tersebut," ujar Travis Stork, M.D dari fakultas fisik Vanderbilt Medical Center, seperti dikutip dari Menshealth.com, Jumat (14/1/2011).

Stork menuturkan dalam melakukan langkah-langkah kecil tersebut seseorang akan mendapatkan dampak yang sangat besar dalam hal penampilan, kesehatan dan juga kehidupan. Sebuah penelitian di Inggris yang disebut Counterweight Programme melihat dampak dan kekuatan dari perubahan berat badan sebesar 10 persen.

Jika seseorang yang gemuk berhasil menghilangkan 10 persen dari berat badannya maka ia akan mendapatkan keuntungan seperti:

1. Peluang 31 persen menurunkan risiko diabetes
2. Peluang 20 persen menurunkan risiko kadar lemak darah (kolesterol) tinggi
3. Peluang 25 persen menurunkan risiko tekanan darah tinggi
4. Peluang 21 persen menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler termasuk jantung koroner, gagal jantung, stroke dan serangan jantung.

Sebuah penelitian tahun 2009 yang dipublikasikan The Lancet menunjukkan bahwa berat badan normal adalah sesuatu yang diharapkan seseorang untuk bisa hidup 10 tahun lebih lama. Karena itu adalah dekade yang dibutuhkan seseorang untuk bisa bersantai dengan suami atau istri serta mengenal cucu-cucunya kelak.

"Saya tidak ingin seseorang melakukan diet untuk menurunkan berat badannya, tapi lebih mengacu pada membuat pilihan makanan dan aktivitas serta bukan pada rencana pembatasan makan yang bisa lebih berbahaya," ujar Stork.

Stork mengungkapkan diet identik dengan membatasi kalori yang berarti menurunkan metabolisme di dalam tubuh untuk menentukan berat badanjangka panjang. Melakukan diet akan mengirimkan sinyal ke tubuh untuk memperlambat metabolisme jika tubuh kelaparan dan berpegang pada simpanan energi yang ada.

Hal yang lebih parahnya lagi adalah jika seseorang kekurangan makanan secara terus menerus akan membuat tubuh membakar jaringan otot serta membuat lemak visceral bertambah yang justru menjadi musuh bagi tubuh.

Untuk itu penurunan berat badan secara drastis tidak memberikan manfaat bagi tubuh dan juga kesehatan, tapi jika dilakukan secara bertahap yaitu sebesar 10 persen dari berat badannya seseorang bisa mendapatkan manfaat berlipat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar