Cara Hidup Sehat Penderita Diabetes !

Setiap orang pasti tidak ingin terserang penyakit. Apalagi penyakit diabetes, namun bila hal itu sudah menyerang, maka mencari alternatif penyembuhan yang efektif adalah solusinya. Gimana caranya?

Gejala-gejala yang bisa dideteksi penderita diabet adalah cepat merasa lapar dan haus, berat badan menurun, tapi nafsu makan malah bertambah, sering buang air kecil terutama pada malam hari, cepat merasa lelah dan mengantuk, kesemutan, gatal-gatal terutama pada bagian kelamin luar, impotensi, penglihatan kabur, ibu yang melahirkan bayi lebih dari 4kg, mudah timbul bisul yang sukar sembuh.

Yang terpenting jangan panik sehingga membuat Anda memutuskan hal-hal yang salah. Sebelum terjadi komplikasi, sebaiknya Anda lakukan beberapa hal berikut:

1. Edukasi dan Konsultasi
Lakukan konsultasi secara teratur dengan dokter atau educator diabetes Anda. Banyaklah bertanya apa yang harus Anda lakukan, dan apa yang tidak boleh Anda lakukan. Bertanyalah! mengapa hal tersebut dilarang, agar Anda memiliki semangat dan lebih berhati-hati untuk meminimalkan efek yang akan ditimbulkannya.

2. Kegiatan fisik
Kegiatan fisik akan membantu memperlancar peredaran darah dalam tubuh, lakukanlah secara teratur. Jangan memaksakan diri pada saat Anda telah merasa lelah, karena untuk penderita diabet, salah satu larangannya adalah melakukan kegiatan fisik hingga terengah-engah (kelelahan).

3. Perencanaan Makanan
Jangan melakukan diet ketat tanpa sepengetahuan dokter. Makanlah makanan dengan gizi seimbang dan teratur sesuai kebutuhan gizi untuk menjaga kesehatan. Perbanyaklah makan-makanan yang berserat dan hindari lemak hewani pada khususnya.

4. Pengobatan
Patuhi pengobatan yang dianjurkan oleh dokter, karena penyembuhan merupakan satu proses yang harus dijalankan secara bertahap. Maka, dibutuhkan kesabaran dan kepatuhan dalam menjalaninya.

5. Pemeriksaan Glukosa Darah
Untuk melakukan pemeriksaan glukosa darah, Anda bisa melakukannya sendiri dengan bantuan beberapa alat yang saat ini sudah beredar di pasaran atau lakukan secara teratur, di tempat-tempat atau rumah sakit yang menyediakan fasilitas pemeriksaan glukosa darah. Yang jelas, kegiatan ini wajib Anda lakukan, agar bila terjadi peningkatan kadar glukosa darah dapat segera diantisipasi

Sumber: www.artikel-kesehatan-online.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar