Penyebab Ketulian Yang Perlu Diketahui !

Dalam pergaulan sehari-hari, anak-anak biasanya sering kurang percaya diri atau menjadi minder karena merasa ada sesuatu yang kurang pada dirinya. Misalnya seperti kehilangan pendengaran, itu adalah salah satu kekurangan yang membuat mereka sulit untuk bergaul dan tidak jarang bahkan harus mengalami yang namanya dijauhi.

Oleh sebab itu kita perlu memahami penyakit seperti ini, supaya kita mengerti bagaimana cara untuk mengatasinya apabila penyakit ini ada disekitar kita. Sebab ternyata ada beberapa penyebab ketulian yang dapat dicegah, antara lain :

1. Congek atau OMSK

2. Tuli sejak lahir atau kongenital

3. Tuli akibat bising

4. Tuli orangtua atau presbikusis

5. Serumen .

Penyakit radang telinga menahun atau yang biasa disebut congek, apabila dibiarkan dapat mengakibatkan komplikasi fatal, bahkan bisa mengakibatkan kematian pada seseorang. Menurut Dr.Lamreta Simanjuntak, congek itu karena anak sering alami infeksi saluran nafas atas, gizi rendah dan kemiskinan.

Penyakit ini lebih mudah terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa, karena fungsi tuba eustachius yang belum sempurna, penampang relatif besar, dan posisinya datar. Bila dibiarkan terus menerus, maka tidak hanya akan mengakibatkan gangguan pendengaran, tapi bisa juga mengakibatkan kematian. Kematian dapat terjadi karena kuman yang menggerogoti telinga, lalu ke bagian otak dan setelah itu menimbulkan radang selaput otak.

Tuli atau gangguan pendengaran dalam kedokteran adalah kondisi fisik yang ditandai dengan penurunan dan ketidakmampuan seseorang untuk mendengarkan suara. Dapatkah kita bayangkan apa yang akan terjadi dalam hidup seseorang, apabila harus mengalaminya. Karena itu, penting sekali kita memperhatikan penyakit ini dengan lebih serius lagi.

Tuli dari sejak lahir akibat obat keras yang diminum saat kehamilan, hal itu dapat terjadi karena kurangnya pengetahuan. Kalau tuli akibat bising hal itu terjadi karena melebihi kemampuan alat pendengar, akibat dari pekerja industri dan pemakaian ipod yang tidak benar. Tuli pada orangtua karena proses alami, tapi ketulian pada anak-anak terjadi akibat kotoran telinga yang tidak sempat dibersihkan orangtua.

Telinga sendiri diciptakan untuk dapat mendengar, memproses dan memahami dunia di sekitarnya. Karena itu betapa pentingnya telinga, tapi kalau kita tidak menjaganya dan sering digunakan untuk mendengar suara-suara keras, maka dapat merusak pendengaran kita sendiri.

Sumber: www.artikel-kesehatan-online.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar