Kurang Tidur, Tensi Darah Melonjak !

Bingung karena belakangan ini tensi darah Anda melonjak? Coba cermati apakah Anda sudah cukup tidur. Pasalnya, menurut penelitian, orang dewasa yang kurang tidur lebih berisiko mengalami darah tinggi.

"Orang yang selalu kurang tidur berisiko mengalami darah tinggi dalam kurun waktu lima tahun ke depan," kata Kristen Knutson dari Universitas Chicago, yang penelitiannya dilaporkan dalam jurnal kesehatan Archives of Internal Medicine.

Orang dewasa, menurut US Center for Disease Control and Prevention, seharusnya tidur tujuh hingga sembilan jam sehari. Namun, gaya hidup yang serba sibuk membuat kebanyakan orang tidur kurang dari waktu ideal. Padahal, sejumlah penelitian telah menunjukkan risiko kesehatan dari jam tidur yang buruk.

Pada anak-anak, kurangnya waktu tidur akan menyebabkan mereka berisiko kegemukan, depresi, bahkan tekanan darah tinggi. Pada orang lanjut usia akan meningkatkan risiko jatuh. Dan pada orang usia dewasa, kurang tidur akan meningkatkan risiko infeksi, penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Dalam sebuah penelitian, Knutson dan timnya meneliti 578 orang dewasa yang rata-rata berusia 40 tahun. Para ahli mencatat tekanan darah mereka dan mengukur berapa lama para relawan ini tidur. Hanya satu persen yang tidur lebih dari delapan jam.

Rata-rata para relawan itu tidur enam jam. Dan mereka yang kurang tidur ini dalam lima tahun mengalami hipertensi. Yang menarik, tiap jam tidur yang hilang semakin meningkatkan risiko naiknya tensi darah. "Bila dibandingkan antara kelompok yang tidur lima jam dan enam jam, mereka dalam kelompok pertama memiliki risiko 37 persen untuk terjadinya hipertensi," kata Knutson.

Sumber: www.artikel-kesehatan-online.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar