Berkeringat Sebenarnya Membuat Anda Pintar !

Banyak orang tentu tahu bahwa olahraga akan membuat tubuh sehat, namun ternyata manfaat berolahraga yang membuat Anda berkeringat tidak berhenti disitu saja. Selain membuat jantung Anda kuat, olahraga juga menurunkan resiko terkena kanker itu baru dua manfaat lainnya, nah… menurut Amrican College of Sport Medicine menemukan motivasi yang tepat membuat Anda 70 % bertahan secara jangka panjang untuk terus berolahraga.

Sebaliknya, jika Anda hanya berfokus untuk menurunkan berat badan saja maka kemungkinan Anda untuk berhasil turun sebesar lima puluh persen. Untuk itu, berikut adalah beberapa hal yang pasti akan membuat Anda termotivasi:

1. Meningkatkan kemampuan bahasa

Satu sesi treadmill saja akan membuat Anda lebih pintar. Olahragawan yang berlari cepat selama 3 menit, dan istirahat 2 menit dan melakukan hal ini secara berulang dapat mempelajari kata-kata baru 20 % lebih cepat dari pada mereka yang tidak beristirahat, demikian hasil penelitian Universitas Muenster di Jerman.

Ketika jantung memompa udara ke aliran darah, hal ini memberikan oksigen yang lebih banyak ke otak. Hal ini membuat otak memperbaharui jaringannya yang mempengaruhi bagian kendali multitasking, perencanaan dan ingatan.

Hal yang harus dilakukan : Berolahraga seperti lari atau naik turun tangga sebelum mencoba menghafal sesuatu.

2. Menghilangkan semua rasa sakit karena sebab alam

Hal ini sepertinya bertolak belakang, tetapi istirahat belum tentu mengurangi rasa sakit dan nyeri pada lutut, bahu, punggung atau leher. Orang dewasa yang melakukan aerobic secara konsisten mengalami sakit pada jaringan otot 25 persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak, demikian jelas peneliti senior dari Stanford, Bonnie Bruce, DrPH, MPH, RD.

Olahraga membuat tubuh melepaskan endorphin, hormon yang secara alami dihasilkan oleh tubuh untuk mengurangi rasa sakit. Tetap aktif juga menghindarkan Anda dari penyakit kronis seperti arthritis.

Lakukanlah senam dua kali seminggu, hal ini meningkatkan flesibelitas dan juga akan mengurangi rasa sakit pada otot Anda.

3. Membuat Anda tampil seksi

Olahraga yang baik akan membuat tubuh Anda terlihat lebih baik. Universitas Pennsylvania menemukan bahwa wanita usia 42 hingga 58 tahun yang berolahraga selama 4 bulan terlihat lebih menarik, bahkan sekalipun mereka tidak berhasil menurunkan berat badan. Selain itu, olahraga juga meningkatkan mood Anda untuk berhubungan seksual.

4. Menurunkan biaya dokter gigi

Ternyata senyuman yang indah bukan hanya hasil dari menggosok gigi saja, demikian kata Mohammad Al-Zahrani, DDS, PhD. Olahraga juga memainkan peranan penting. Dari hasil penelitiannya, mereka yang melakukan aktifitas sedang selama 30, lima kali atau lebih setiap minggunya mengurangi resiko terkena periodontitis, penyakit pada gusi yang umum dialami ketika bertambah usia. Cara kerjanya sama seperti pada jantung, dengan menurunkan tingkat peradangan.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Dengan olahraga Anda bukan hanya menjaga tubuh tetap sehat tetapi juga meningkatkan kekebalan tubuh, hal ini membantu tubuh untuk melawan virus flu dan juga bakteri. Wanita berumur 50 hingga 75 tahun yang melakukan latihan kardio selama 45 menit, 5 hari seminggu, tiga kali lebih jarang terkena flu dari pada mereka yang hanya melakukan perenggangan satu minggu sekali.

Jadi, apa alasan Anda berolahraga? Apapun motivasi Anda, pastikan berolahraga secara rutin karena hal ini akan menjaga Anda tetap sehat dan mendapatkan banyak manfaat lainnya.

Baru tahu kan bahwa berkeringat itu baik sekali. Jangan tidak percaya diri, kalau kita berkeringat menjadi bau. Tapi lebih daripada itu banyak sekali manfaat dari kita berkeringat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar