Semakin Berumur Kebutuhan Tidur Menurun !

Seiring dengan bertambahnya usia, kebutuhan tidur seseorang realtuf semakin menurun. Menurut sebuahe penelitian, orang dewasa sehat butuh tidur lebih sedikit dibanding orang muda. Sekalipun pada malam harinya kurang tidur, mereka menghadapi kemungkinan lebih kecil untuk merasa lelah selama siang hari.

Seperti dilaporkan jurnal Sleep yang diterbitkan American Academy of Sleep Medicine dan "Sleep Research Society, waktu delapan jam yang dihabiskan untuk tidur terus mengalami penurunan yang mencolok seiring bertambahnya usia.

Menurut hasil penelitian, orang dewasa tua usia 66-83 tahun, tidur selama 20 menit lebih sedikit dibanding dewasa setengah baya - 40-55 tahun yang tidur 23 menit lebih sedikit dibandingkan dewasa muda usia 20-30 tahun.

Orang dewasa tua sering terbangun dan menghabiskan lebih banyak waktu saat terjaga dibandingkan orang dewasa yang lebih muda. Tidur lelap yang diduga menjadi tahap tidur paling penting untuk memulihkan energi, menurun durasinya seiring pertambahan usia, kata studi itu.

Tetapi, kendati orang dewasa tua tidurnya kurang nyenyak dan kurang lengkap, dan tidur mereka terus-menerus berkurang dibanding orang yang lebih muda, mereka juga memperlihatkan penurunan kebutuhan tidur di siang hari.

Riset ini dilakukan di Clinical Research Centre di Universitas Surrey Inggris dan melibatkan 110 orang dewasa sehat tanpa gangguan atau keluhan tidur. Sebanyak 44 orang di antaranya masih berusia muda, 35 orang berusia setengah baya dan 31 orang dewasa tua.

Mereka diminta tidur normal untuk satu malam dan semalam berikutnya untuk pengukuran (baseline). Lalu untuk dua malam berikutnya, tidur mereka diganggu dan diikuti dengan satu malam untuk pemulihan.

Selama malam baseline, orang dewasa muda menghabiskan tidur rata-rata 433,5 menit. Orang dewasa usia setengah baya butuh 410 menit dan orang dewasa lebih tua selama 390 menit.

Pada malam yang sama, orang dewasa lebih muda menghabiskan 118,4 menit untuk tidur pulas, dibandingkan dengan 85,3 menit bagi orang dewasa yang berusia setengah baya dan 84,2 menit buat orang dewasa yang lebih muda.

Namun ketika diminta berbaring pada posisi yang nyaman di ranjang selama siang hari dan berusaha tidur, orang dewasa muda tertidur dalam waktu rata-rata 8,7 menit, dibandingkan dengan hampir 12 menit yang diperlukan oleh orang dewasa usia setengah baya dan hanya lebih dari 14 menit bagi orang dewasa yang lebih tua.

Sumber: www.artikel-kesehatan-online.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar