Waspadalah Jika Tubuh Tak Keluar Keringat !

Keringat terkadang kehadirannya tak diharapkan bagi mereka yang sedang melakukan aktivitas harian karena membuat baju basah dan badan lengket. Bayangkan saja bagi pegawai kantoran yang masih menggunakan angkutan umum, bagaimana tidak enak rasanya ketika tiba di kantor dengan badan yang berkeringat dan terkadang menimbulkan aroma yang kurang sedap.

Padahal keringat sebenarnya menjadi pertanda bahwa tubuh Anda sehat. Keringat menandakan tubuh Anda sedang beradaptasi dengan lingkungan atau aktivitas yang sedang dilakukan. Keringat juga bisa menjadi pertanda tubuh sedang bekerja mengatur suhu tubuh.

Keringat sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda. Karena melalui keringat, racun-racun dalam tubuh dapat dikeluarkan. Selain lewat urin, racun atau toksin tubuh juga keluar melalui proses sekresi yang terjadfi lewat kelenjar kulit yaitu keringat.

Lalu apa yang sebenarnya terjadi jika seseorang justru susah atau bahkan tidak mengeluarkan keringat saat beraktivitas? Ini justru menjadi sinyal yang buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Apalagi jika keringat tak kunjung muncul setelah melakukan aktivitas berat seperti berolahraga atau berada di bawah suhu yang panas, maka hal ini patut diwaspadai.

Menurut dr. Hanny Nilasari, ahli Dermatologis RSCM, tidak berkeringat justru dapat menyebabkan penyakit karena tidak adanya penyesuaian suhu tubuh. Orang yang tidak pernah mengeluarkan keringat lebih rentan terserang penyakit karena racun atau toksin yang berada di dalam tubuhnnya tak dapat keluar.

Tidak keluarnya keringat bisa jadi merupakan gejala gangguan metabolisme tubuh. Gejala awal penyakit gondok atau pertanda gejala serangan jantung dan penyakit dalam lainnya bisa jadi ditunjukkan dengan tubuh yang tak dapat mengeluarkan keringat. Segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui gangguan yang sedang terjadi pada tubuh Anda.

Sumber: www.artikel-kesehatan-online.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar