Buah Jeruk Lebih Sehat dari Suplemen Vitamin C

BAGI Anda yang rutin mengonsumsi suplemen vitamin C, kini ada baiknya Anda mempertimbangkan kembali untuk mendapatkan vitamin C langsung dari sumbernya yakni jeruk. Karena, menurut peneliti di Universitas Brigham Young, Inggris, perasan jeruk memiliki komposisi nutrisi yang lebih bagus.

Jeruk memang menjadi buah terpopuler dengan kandungan vitamin C dan antioksidan, tapi para peneliti juga berkeinginan mencari cara untuk mempelajari bagaimana jeruk seutuhnya memiliki komponen lebih baik ketimbang dipisah-pisahkan seperti pada suplemen.

"Kami memperkirakan ada sesuatu tentang jeruk yang membuatnya jauh lebih bagus daripada meminum kapsul vitamin C. Itu memang tengah kami analisis," kata salah satu peneliti Tory Parker. "Kami berpikir komposisi antioksidan dalam jeruk memiliki nilai kesehatan yang sangat baik bagi kita," kata Parker.

Ia lalu menjelaskan bahwa setiap kali kita makan karbohidrat dan lemak, radikal bebas dalam tubuh kita juga akan turut meningkat. Seiring dengan waktu, hal itu turut meningkatkan risiko pengerasan arteri dan penyakit jantung. Namun, memakan buah akan melindungi kita dari secara bertahap dari efek tersebut.

Ia pun mencatat beberapa suplemen biasanya menwarkan kombinasi vitamin C dari blueberry, blackberry, dan jeruk, tiga buah dengan kandungan vitamin C tinggi, dan berharap kombinasi itu akan menhasilkan efek yang maksimal.

Penelitian itu pun mengidentifikasi beberapa kombinasi antioksidan yang paling sinergis seperti hesperidin dan naringenin. Kombinasi itulah yang nantinya akan lebih lanjut diteliti guna dibandingkan dengan nilai nutrisi jeruk utuh. Penemuan ini telah dimuat dalam Journal of Food Science edisi Desember 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar