iPod Percepat Pemulihan Pascaoperasi




KALA menjenguk sahabat atau anggota keluarga Anda yang baru saja menjalani operasi, seperti baru saja menjalani operasi persalinan, selain buah tangan berupa makanan, Anda juga bisa memberikan iPod yang berisi lagu-lagu favoritnya. Dengan begitu, sahabat atau keluarga Anda akan lebih cepat pulih pascaoperasi.

Untuk membuktikan efektitivas iPod, para peneliti pun telah merencanakan sebuah uji coba guna mengetes teori bahwa pasien yang mendengarkan musik akan mengalami pengurangan rasa sakit, membutuhkan obat-obatan lebih sedikit, dan bisa lebih cepat meninggalkan rumah sakit setelah operasi.

Uji coba ini akan melibatkan sekitar 120 pasien pada Barts and The London NHS Trust dan dilaksanakan oleh Yayasan Amal Keterlibatan Masyarakat.

Bila teruji, yang paling mendapatkan manfaat dari hal ini yaitu para ibu baru. Mereka akan diperbolehkan mendengar musik sebelum dan sesudah persalinan. Terlebih bagi mereka yang membutuhkan operasi tambahan seperti ortopedi, pinggul dan lutut.

Para ibu akan dipantau guna melihat bagaimana musik memengaruhi tingkat kecemasan, tekanan darah, dan iarama jantung mereka lalu dibandingkan dengan mereka yang tidak mendengarkan musik sama sekali.

Walaupun jenis musik memang harus disesuaikan dengan selera setiap pasien, uji coba ini juga akan digunakan dalam menciptakan sebuah jenis musik yang memang diaransemen agar memiliki efek komunikasi terapeutik yakni yang mampu mendorong proses penyembuhan pasien.

[mediaindonesia]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar