Lupus Bisa Pakai Herbal Asal Tak Tinggalkan Obat Moderen

Beberapa jenis herbal memang baik untuk kesehatan dan bisa dibuktikan secara ilmiah. Namun jika ada yang diklaim bisa menyembuhkan penyakit terutama lupus, jangan langsung percaya. Utamakan pengobatan medis, herbal hanya alternatif jika upaya lain tidak berhasil.

Salah satu herbal yang banyak ditawarkan pada Orang Dengan Lupus (Odapus) adalah buah merah (Pandanus conodius) asal Papua. Secara turun temurun, buah ini telah dikonsumsi oleh masyarakat di bumi cendrawasih dan terbukti mampu memperbaiki daya tahan tubuh.

Kandungan gizi di dalam buah merah memang bermanfaat bagi tubuh karena didominasi oleh asam lemak dan anti oksidan yang berguna untuk melindungi sel dari kerusakan. Berbagai jenis antioksidan di dalam buah merah antara lain beta karoten, vitamin C, E, dan A.

Manfaat buah merah bagi tubuh manusia juga diakui oleh dokter spesialis penyakit dalam dari Universitas Indonesia, Prof Dr Zubairi Djoerban, SpPD-KHOM. Ia pun tidak melarang jika Odapus hendak mengonsumsinya sebagai Complementary Alternative Medicine (CAM) atau obat alternatif.

Namun ia menegaskan, penggunaan herbal seperti obat merah jangan sampai menghentikan atau menggantikan pengobatan medis. Obat alternatif digunakan hanya sebagai pelengkap, atau bisa juga menggantikan jika penyakitnya sudah benar-benar tidak bisa diatasi secara medis.

"Sebagai buah, saya setuju 100 persen bahwa buah merah sangat bermanfaat. Tapi untuk mengobati Lupus, tunggu dulu karena belum ada bukti ilmiah," ungkap Prof Zubairi saat berbicara dalam seminar "Lupus Update" di RS Kramat 128, Jakarta, Jumat (10/12/2010).

Prof Zubairi mengatakan bahwa tidak mungkin ada obat apalagi herbal yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit sekaligus. Apalagi Lupus merupakan gangguan autoimun yang bisa menyerang bagian tubuh manapun, sehingga tidak mungkin ada satu jenis herbal yang mampu mengobati semuanya.

"Di dunia ini tidak mungkin ada magic bullet (satu obat untuk semua penyakit). Obat moderen saja butuh dikombinasi, sehingga tidak mungkin buah merah bisa mengatasi semuanya sendirian," tambah Prof Zubairi.

Pendapat senada juga disampaikan Ketua Yayasan Lupus Indonesia (YLI), Tiara Savitri. Tiara yang merupakan adik kandung aktor kawakan Donny Damara dan juga seorang odapus bahkan menyarankan untuk tidak mencampur obat moderen dengan alternatif sebelum ada perkembangan positif pada penyakitnya.

"Jangan dikombinasikan sebelum penyakitnya benar-benar membaik. Nanti malah bingung mengetahui mana yang sebenarnya berkasiat, obat moderen atau alternatifnya," ungkap Tiara yang pernah merasakan sendiri bagaimana Lupus nyaris merenggut nyawanya.
up/ir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar