Kolesterol Baik Bikin Otak Terang

Peningkatan kadar kolesterol tidak hanya mempengaruhi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Pengaruhnya di otak juga ada, khususnya jika kadar kolesterol baik (HDL) tinggi. Kolesterol baik bikin otak terang karena bisa mencegah pikun pada lansia.

Kolesterol baik atau HDL (high density lipoprotein) merupakan salah satu komponen lemak yang terdapat di dalam tubuh. Fungsinya untuk melarutkan lemak-lemak lainnya agar tidak menggumpal dan memicu penyumbatan di dalam aliran darah.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Dr Christiane Reitz dari Columbia University, HDL ternyata juga bermanfaat bagi otak. Lansia dengan kadar HDL yang tinggi cenderung tidak mudah terserang Alzheimer maupun jenis kepikunan lain.

Dalam penelitian yang melibatkan 1.130 lansia berusia di atas 65 tahun, Dr Christiane mengungkap kadar HDL minimal agar bermanfaat adalah 55 mmol/L. Kadar ini lebih rendah dibandingkan kadar minimal untuk memberikan efek perlindungan bagi jantung yakni 60 mmol/L.

Pada kadar 55 mmol/L, HDL mampu mengurangi risiko pikun hingga 60 persen lebih rendah dibandingkan pada lansia yang memiliki kadar HDL di bawah 38 mmol/L. Risiko tersebut diukur dalam jangka waktu 4 tahun sejak dimulainya penelitian tersebut.

"Kami membandingkan juga jenis kolesterol yang lain, tapi kami pikir yang berpengaruh pada kepikunan hanya HDL saja," ungkap Dr Christiane seperti dikutip dari Reuters, Selasa (14/12/2010).

Sementara itu untuk meningkatkan kadar HDL, Dr Christiane menyarankan diet yang sehat dan olahraga. Diet yang sehat antara lain menghindari alkohol, sementara nutrisi yang meningkatkan kadar HDL antara lain serat dan minyak sayur, asam lemak omega 3 dalam minyak ikan dan minyak rami.

Kadang-kadang dokter juga meresepkan suplemen niacin atau vitamin B3 untuk meningkatkann kadar HDL hingga 25 persen. Namun suplemen ini tidak disarankan untuk dikonsumsi berlebihan karena efek sampingnya dapat menyebabkan wajah menjadi kemerahan (facial flushing).

detikHealth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar