Faktor Utama Penyebab Kanker Payudara !

Ada beberapa pengunjung yang mengakses weblog ini melalui situs google dengan menggunakan keyword "kanker payudara". Prosentasinya cukup banyak berdasarkan jumlah pengunjung yang ada. Kemungkinan besar pengunjung yang datang dengan menggunakan cara ini adalah dari kalangan wanita. Sepertinya kanker payudara ini menjadi kasus penyakit yang cukup serius.

Saya juga mengaggap demikian karena saya sudah melihat dengan mata kepala sendiri bahwa tidak sedikit korban yang berjatuhan. Kemarin malam saya mengunjungi seorang teman yang baru saja selesai menjalani operasi pengangkatan payudaranya yang terserang kanker. Teman itu mengatakan bahwa dia masih harus menjalani perawatan kemo-therapi selama satu tahun lagi. Saya jadi ikut merasakan betapa beratnya perjuangan melawan penyakit kanker ini.

Untuk menghindari kemungkinan yang lebih buruk, saya merasa perlu untuk menambahkan lagi tulisan tentang kanker payudara di weblog ini. Mudah-mudahan informasi-informasi tentang kanker payudara yang diambil dari berbagai sumber ini bisa lebih membantu pembaca.

Secara umum faktor pemicu terjadinya kanker payudara dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu:

1. Faktor yang tidak dapat dikontrol misalnya sejarah keluarga yang memang mempunyai riwayat penyakit kanker, faktor genetik, dan lain-lain.
2. Faktor yang dapat dikontrol seperti perawatan organ reproduksi, alkohol, obesitas, dan lain-lain.

1. Faktor yang tidak dapat dikontrol :

Jenis kelamin
Seorang wanita mempunyai resiko terserang kanker payudara 100 kali lebih besar dari pada pria. Karena itu periksa payudara sendiri dengan menggunakan metode SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) adalah sangat penting.

Usia
Riset membuktikan bahwa wanita berusia diatas 50 tahun memiliki kemungkinan resiko 77% terserang kanker payudara.

Riwayat keluarga
Resiko menjadi lebih besar bagi wanita yang memiliki anggota keluarga dekat seperti ibu, kakak atau adik yang pernah terserang kanker. Namun riset juga membuktikan bahwa sebanyak 80% wanita yang menderita kanker payudara tidak memiliki riwayat keluarga yang pernah terkena kanker.

Faktor Genetik
Faktor genetik juga dapat mempengaruhi terjadinya kanker payudara. Biasanya kanker ini terjadi karena adanya mutasi genetik sehingga gen yang tadinya normal tiba-tiba menjadi ganas. Penelitian menunjukkan hanya sekitar 5% hingga 10% saja kemungkinannya, namun bukan berarti kita tidak perlu mewaspadainya.

Riwayat Menstruasi
Riwayat menstruasi ternyata juga memegang peranan penting untuk mewaspadai serangan kanker ganas ini. Biasanya wanita yang mendapat haid pertama sebelum berusia 12 tahun atau yang mengalami keterlambatan masa menopause (kira-kira setelah umur 50 tahun) mempunyai resiko lebih besar dari pada wanita yang mempunyai masa reproduksi normal.

Ras
Riset membuktikan bahwa wanita Kaukasian mempunyai resiko tertinggi mengidap kanker payudara. Asia, Hispanik dan suku asli Amerika mempunyai resiko paling rendah. Namun wanita dengan ras Afrika-Amerika sebaiknya lebih sering melakukan diagnosa ke dokter agar mengurangi persentasi mengidap penyakit ini.


2. Faktor yang dapat dikontrol :

Riwayat melahirkan
Wanita yang tidak pernah menyusui dan wanita yang melahirkan anak di atas usia 30 sama-sama mempunyai resiko yang besar untuk mengidap penyakit ini di kemudian hari.

Pecandu alcohol
Satu sloki alkohol sehari mempunyai khasiat yang baik bagi tubuh, namun 2 hingga 5 sloki dapat membuat resiko terkena kanker payudara meningkat menjadi 1,5 kali lebih besar dari biasanya.

Berat Badan
Obesitas yang terjadi setelah masa menopause dapat memicu terjadinya kanker payudara, maka dari itu kaum wanita sebaiknya menjaga berat tubuh dengan cara diet yang seimbang dan teratur.

Sumber: www.artikel-kesehatan-online.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar