Lezat Manis Dari Kedelai

Kedelai merupakan sumber protein dari bahan nabati, namun kandungan lainnya masih banyak yang bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan serat makanannya sangat bermanfaat dan kandungan lemak tidak jenuh yang mampu menurunkan kolesterol darah. Lesitin yang memiliki sifat emulsif terhadap lemak, dapat menghindari pengendapan lemak tubuh yang dapat membentuk penyumbatan pembuluh darah.

Keuntungan Mengkonsumsi Kedelai:


1. Mencegah penyakit jantung
Menurunkan kolesterol darah dengan cara mengganti lemak hewani dengan lemak kedelai. Kandungan serat dari kedelai (termasuk hasil olahannya seperti tempe) dapat mencegah penyakit jantung koroner yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah koroner.


2. Kaya akan serat yang larut dan tidak larut
Serat makanan dalam kedelai dapat menghindarkan sembelit dan beberapa penyakit usus lainnya.


3. Mengatur kondisi gula darah
Seperti juga makanan yang mengandung serat tinggi, kedelai bisa memperlambat tingkat penyerapan makanan. Sangat baik bagi penderita diabetes untuk mengendalikan gula darahnya.


4. Sumber zat besi, kalsium dan kalium yang baik
Zat besi yang berasal dari tumbuh-tumbuhan sangat sukar diserap, namun dari kedelai tidak demikian. Kalium yang tinggi dapat mengendalikan tekanan darah. Begitu juga tahu yang terbuat dari kedelai dengan penambahan kalsium klorida, tergolong kaya kalsium.


5. Dapat mengurangi panas pada gejala menopause
Menurut hasil penelitian, makan 45 gram kedelai sehari dapat mengurangi gejala panas pada menopause selama 6-12 minggu. Ini disebabkan karena kandungan phytoestrogen pada kedelai.


6. Mengurangi risiko kanker payudara
Kedelai dianggap mempunyai zat anti kanker. Salah satu faktor risiko kanker payudara adalah kadar hormon estrogen dalam darah yang tinggi. Mengkonsumsi kedelai akan menurunkan kadar estrogen dalam darah.

SCHOTEL TEMPE
Untuk 10 porsi (1 porsi = 226 kalori)

Bahan:
500 gram tempe dikukus lalu diiris
2 sendok makan margarin
100 gram bawang bombay diiris
2 butir telur ayam
100 gram keju parut
Sedikit merica
3 siung bawang putih cincang
Garam secukupnya


Saos Penutup:
50 gram margarin
50 gram tepung terigu
400 mililiter susu kedelai
50 gram keju parut
Sedikit merica
Garam secukupnya


Cara Membuat:
1. Tumis dengan margarin, bawang bombay dan bawang putih cincang sampai layu, beri garam dan merica lalu angkat.
2. Beri keju parut dan pecahkan telur ayam lalu aduk.
3. Ambil pyrex, olesi dengan margarin, tuang adonan, atasnya siram dengan saos penutup lalu panggang dalam oven sampai masak.
Saos Penutup:
Lumerkan margarin, tuang tepung terigu, tuangi susu kedelai sedikit demi sedikit sampai habis sambil diaduk. Beri garam, merica, dan keju, aduk lalu angkat.
(Anton BS/GHS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar