Sajian Segar Pengganti Rokok

Buah dan sayur penuh kandungan antioksidan. Konsumsi kedua bahan ini sangat penting demi menangkal radikal bebas, apalagi bagi para perokok, baik aktif maupun pasif.

Diperkirakan banyak perokok yang kurang gemar sayuran dan buah-buahan. Para ahli tidak yakin apa penyebabnya, sehingga para perokok kurang suka sayur dan buah, dibanding mereka yang tidak merokok.
Padahal, menurut hasil penelitian, sayuran dan buah-buahan sangat baik untuk menghindari risiko penyakit akibat rokok, yang disebut “tiga besar,” yaitu penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Menurut para ahli, mengonsumsi 1 porsi buah dan 1 porsi sayuran sehari akan mengurangi risiko kanker paru. Jika konsumsinya sampai 9 porsi atau lebih, lebih banyak lagi penurunan risiko yang bakal terjadi.


Ada dua alasan mengapa buah dan sayur harus hadir dalam menu makanan sehari-hari. Pertama, karena mengandung antioksidan, zat gizi yang sangat kuat untuk melindungi para perokok dari risiko penyakit akibat merokok. Kedua, mengandung fitonutrien, komponen yang dapat mencegah atau mengobati penyakit akibat merokok.


Meski buah dan sayuran dianjurkan bagi para perokok agar terhindar dari risiko penyakit, yang lebih penting lagi tentu berhenti merokok.


Ternyata tak hanya perokok aktif yang berisiko terkena racun rokok. Para perokok pasif pun perlu hati-hati. Karena itu, untuk menangkal paparan radikal bebas, para perokok pasif layak mengonsumsi sayur dan buah sumber antioksidan alami.


Setidaknya para perokok pasif wajib menambahkan konsumsi sayuran dan buah 1,5 porsi dari porsi normalnya. Sayur seperti wortel, brokoli, labu kuning, sayuran hijau, selada air yang mengandung betakaroten cukup bagus untuk dikonsumsi.



ANEKA BUAH SEGAR SIRAM SAUS BUAH
Untuk 4 porsi
(1 porsi =154 kalori)

Bahan:
100 gr melon, dipotong dadu besar
100 gr pepaya, dipotong dadu besar
100 gr nanas, dipotong dadu besar
100 gr stroberi, dicincang untuk taburan

Bahan saus buah:
150 ml air jeruk peras
150 gr pepaya, dihaluskan (diblender)
3 sdm mayones
5 sdm gula pasir

Cara membuat:
1. Saus buah. Campur semua bahan saus menjadi satu lalu diblender halus, sisihkan.
2. Atur buah yang telah dicuci dan dipotong pada piring saji, kemudian simpan dalam lemari es.
3. Hidangkan dingin dengan disiram saus buah.
(Anton BS/GHS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar