Selada Aneka Sayur dan Buah

Buah segar kaya akan zat gizi. Buah mengandung vitamin, mineral, serat, dan rendah kalori. Umumnya buah mempunyai rasa manis dan mudah dikonsumsi, sehingga sangat ideal sebagai camilan.

Vitamin C dan fitokimia termasuk antioksidan yang terdapat dalam buah. Antioksidan dapat memusnahkan substansi jahat dalam tubuh yang disebut radikal bebas.

Ada dua jenis fitonutrien, yaitu flavonoid dan polifenol. Keduanya merupakan antioksidan yang berkualitas dan kuat. Di samping itu, fitokimia lain yang dimiliki buah, yaitu antialergi, antikarsinogenik, antiviral, dan antiperadangan.

Buah mengandung air hingga 80 persen dan sebaliknya tidak berisi kolesterol. Memanfaatkan buah sebagai kudapan atau pencuci mulut (dessert) bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan gizi seimbang.
Makan buah tak harus diolah. Apel dapat disantap langsung beserta kulitnya. Pisang dan jeruk sangat mudah dikupas, sehingga bisa dibawa untuk bekal saat bepergian. Potongan aneka buah cocok untuk disuguhkan kepada tamu yang datang ke rumah kita.


Beragam buah-buahan kini mudah didapat. Jika sedang musim, harganya pun murah. Dengan cara ini kita akan mengurangi konsumsi lemak.
Jika dikeringkan (dehydrated) umumnya zat gizi terkonsentrasi dalam buah keringnya. Inilah yang menyebabkan buah kering lebih bergizi dan lebih tinggi kalorinya dibandingkan buah segar. Namun, penderita penyakit asma atau orang yang alergi terhadap sulfur perlu berhati-hati dalam mengonsumsi buah yang dikeringkan dengan penambahan sulfur.

Makanlah buah yang bervariasi untuk memanfaatkan aneka kandungan zat gizi yang terkandung di dalamnya.

- Apel: Kulitnya mengandung serat tinggi. Sebuah apel yang besarnya sedang mengandung 47 kalori.Aprikot: Karena usianya pendek dan tidak tahan lama, umumnya dikeringkan. Sebuah aprikot mengandung ± 12 kalori.

- Pisang: Sebuah pisang ukuran medium mengandung 95 kalori, vitamin C, mineral, dan kalium.

- Bluberi: Mengandung antioksidan dan dapat mencegah infeksi kandung kemih. Setiap 80 gram bluberi mengandung 50 kalori.

- Anggur: Kaya akan vitamin A, vitamin C, dan mineral. Setiap 80 gram anggur mengandung 48 kalori.
- Kiwi: Sekitar 60 gram kiwi mengandung 29 kalori, selain itu juga kaya vitamin.

- Melon: Mengandung karoten yang dapat melawan kanker. Seratus gram melonmengandung 24 kalori.

- Persik: Sebuah persik dengan berat 100 gram mengandung ± 33 kalori, vitamin C, vitamin D, dan kalium.

- Pir: Sebuah pir ukuran medium seberat 100 gram mengandung 60 kalori.

- Nanas: Buah yang mengandung enzim bromelin ini dapat membantu pencernaan, mengurangi radang, mencegah penyakit jantung, serta kaya serat. Satu iris nanas seberat 80 gram mengandung 33 kalori.
- Plum: Sebuah plum ukuran medium seberat 55 gram mengandung 20 kalori. Merupakan sumber vitamin C yang baik dan kalium.

- Semangka: Satu iris semangka seberat 200 gram mengandung 62 kalori, juga vitamin C dan karotenoid.



SELADA SAYUR & BUAH DRESSING THOUSAND ISLAND
Untuk 5 porsi
(1 porsi = 129 kalori)

Bahan:
100 gr selada dipotong-potong
100 gr ketimun hijau diris-iris
100 gr wortel diserut
50 gr jagung rebus pipilan
100 gr nanas dipotong dadu
100 gr apel dipotong dadu

Bahan dressing:
4 sdm mayones
1 sdm bawang bombai cincang
1 sdm paprika cincang
1 btr telur rebus
2 sdm saus tomat
1/2 sdt garam
1 sdm air jeruk lemon

Cara membuat:
1. Buat mayones. Tambahkan ke dalam mayones bawang bombai cincang, paprika cincang, dan telur rebus (bagian kuningnya dihaluskan terlebih dulu dan bagian putihnya dicincang). Aduk rata, beri saus tomat dan garam. Beri air jeruk lemon, aduk rata.
2. Atur sayuran dan buah yang telah dipotong-potong di piring saji, paling atas siram dengan dressing thousand island.
3. Hidangkan.
(Anton BS/GHS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar