Tetap Nyaman dan Sehat di Tempat Kerja

Bagi para pekerja yang melakukan pekerjaan sepanjang hari di depan komputer, menjaga kesehatan tubuh di tempat kerja harusnya jadi prioritas. Ada berbagai cara yang dapat kita lakukan untuk membuat diri kita nyaman selama melakukan pekerjaan di kantor sekaligus untuk menjaga kesehatan. Berikut kami berikan beberapa tips untuk posisi duduk dan menggunakan komputer yang berguna untuk mengurangi rasa tak nyaman dan kemungkinan mengalami kepenatan ataupun cidera selama bekerja.

Kepala/Leher & Mata:

Posisikan bagian atas monitor sejajar atau di bawah tingkat mata Anda - jangan memposisikannya lebih tinggi hingga Anda harus menyandarkan bagian belakang kepala Anda. Posisikan monitor Anda dengan jarak 20 - 40 inci dari wajah Anda. Gunakan huruf dengan font besar jika Anda tak dapat membacanya dari monitor pada jarak ini. Pencahayaan yang redup juga dapat membantu Anda menghindari silau, yang dapat menyebabkan mata ketegangan di mata dan serangan sakit kepala. Jika Anda tak dapat menghindari silau, gunakan kaca penahan silau untuk mengurangi pantulan ke mata Anda dari monitor.

Punggung

Duduklah dengan posisi kepala tegak. Jangan menyandarkan atau memiringkan kepala Anda. Jika posisi meja atau monitor membuat Anda tidak bisa duduk dengan tegak, coba ubah posisi tersebut. Posisikan lutut Anda lurus dengan pinggul atau sedikit lebih rendah.

Posisikan telapak kaki Anda dalam posisi menjejak tanah. Posisi telapak kaki menjejak tanah ini juga dapat membantu mengurangi ketegangan di bagian punggung. Gunakan kursi ergonomic atau backrest. Kursi yang nyaman akan membantu memperbaiki posisi duduk. Kursi backrest akan membantu membuat Anda duduk dengan posisi benar.

Pergelangan Tangan & Lengan

Mouse dan keyboard ergonomic berperan penting di sini. Memang untuk ukuran harga terbilang agak mahal, tapi demi kenyamanan harga tak jadi soal bukan? Saat memilih mouse, ingat senyaman apapun penggunaannya, yang terpenting adalah mengubah-ubah posisinya secara berkala saat Anda bekerja sepanjang hari. Gerakan yang sama dan dalam waktu lama beresiko membuat ketegangan dan cidera. Lepaskanlah sesekali, pegangan yang nyaman pada mouse dan ambil rehat untuk peregangan. Saat menggerakkan mouse lebih baik gunakan siku bukannya dengan keseluruhan lengan.

Dan tips terbaiknya adalah ingat untuk berdiri dari kursi Anda, berjalan-jalan sesaat lakukan peregangan tubuh Anda sepanjang hari kerja itu.

Ini akan membuat sirkulasi darah lancar dan melepaskan ketegangan di bagian-bagian tubuh yang mungkin tanpa Anda sadari mengalami ketegangan.

Jika Anda benar-benar memperhatikan posisi tubuh terbaik selama bekerja, belilah peralatan kantor yang ergonomic. Sistem ini dapat membuat seluruh tubuh Anda nyaman selama bekerja.

Selain itu,letakkan posisi kursi, monitor, keyboard, dan mouse dalam posisi zero stress untuk tubuh Anda. (kpl/erl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar