3 Kesalahan Umum Yang Dapat Merusak Gigi

Menjaga agar gigi selalu sehat adalah dengan menyikatnya setiap hari. Sayangnya, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Ada beberapa kebiasaan Anda yang ternyata salah dan berakibat buruk terhadap kesehatan gigi dan mulut.

Seperti yang dikutip dari everydayhealth, menyikat gigi setiap hari belumlah cukup untuk melindungi gigi jika Anda masih melakukan beberapa kesalahan kecil seperti dibawah ini. Berikut adalah kesalahan umum tersebut.

Memakan terlalu banyak gula
Mengurangi asupan gula tidak hanya baik untuk menjaga bentuk tubuh tapi juga baik untuk kesehatan gigi. Permen karet, soda, jus dan cemilan-cemilan manis lainnya diketahui sebagai penyebab gigi berlubang karena gula pada gigi diubah menjadi asam dan kemudian merusak enamel gigi.

"Mengonsumsi gula dan karbohidrat, dapat menyebabkan peningkatan kerusakan gigi," kata Sally J. Cram, DDS, seorang periodontist di Washington, DC dan seorang penasehat konsumen untuk American Dental Association.

Kebiasaan merokok dan minum alkohol
Seiring dengan semua bahaya yang ditawarkan olehnya, merokok juga menjadi salah satu penyebab masalah untuk gigi. Produk tembakau dan minum terlalu banyak alkohol adalah kebiasaan buruk yang mempengaruhi kesehatan mulut secara keseluruhan.

"Orang yang merokok akan lebih berisiko terkena penyakit gigi dan gusi dibandingkan orang yang tidak merokok. Selain merokok, mengonsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker mulut," ujar Cram.

Mengigit pensil & es batu
Saat merasa gugup atau ketakutan, tidak jarang Anda mengigit-gigit ujung pensil atau mengunyah es batu. Kebiasaan kecil ini adalah kebiasaan yang berbahaya, walau tidak menyebabkan kerusakan gigi yang serius.

"Orang yang mengunyah es, mengigit pensil atau menggertakkan gigi karena mereka stres, dapat dengan cepat mengurangi enamel bawah pada gigi," kata Cram.

(eya/eya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar