Lezat Berkhasiat dari Beras

Inilah makanan lezat dari nasi yang dapat Anda olah di rumah sendiri, nasi kuning campur. Rasanya luar biasa dan tentu saja manfaatnya buat kesehatan tak kalah besar

Beras semula merupakan makanan pokok masyarakat Cina. Kemudian menyebar dan menjadi makanan pokok penduduk Asia. Beras merah sangat bermanfaat karena tinggi serat. Juga mengandung magnesium yang penting untuk pembentukan protein dan otot.

Pada pengobatan Cina, nasi dimanfaatkan untuk menangani masalah yang berkait dengan kejiwaan, seperti depresi. Juga untuk mengatasi gangguan perut seperti diare, yang diberikan dalam bentuk lunak. Beras Basmati lebih dianjurkan karena sangat ringan dan mudah dicerna. Kecambah dari beras dimanfaatkan di Cina untuk memperbaiki nafsu makan dan kondisi pencernaan.

Beras merah dapat menurunkan risiko kanker kolon karena kandungan seratnya bisa membentuk volume feces dan mempercepat keluarnya kotoran dari dinding usus. Karsinogen dalam sisa makanan tidak sempat bekerja karena segera dibawa keluar. Vitamin B yang terdapat dalam beras merah membantu mempertahankan sistem saraf dan membantu konversi gula darah menjadi energi.

Beras merah khususnya mengandung kalium yang dibutuhkan untuk mengatur keseimbangan air, guna mempertahankan tekanan darah. Tidak mengandung natrium yang mempunyai efek berlawanan. Orang dengan tekanan darah tinggi dapat memanfaatkan beras sebagai makanan pokok, tetapi tanpa diolah dengan garam seperti nasi uduk, nasi kuning, dan nasi hainan. Pemakaian garam tinggi sebaiknya dihindari.

Minyak dari beras mengandung sejumlah bahan yang disebut oryzanol, yang bermanfaat untuk mengurangi penyerapan kolesterol dan sintesisnya. Beras tidak mengandung protein gluten. Karena alasan tersebut, dapat dimanfaatkan orang yang harus menjalani diet bebas gluten, misalnya pada penderita coeliac disease.

Tubuh dapat mencerna dan menyerap karbohidrat dari beras relatif sangat cepat. Nasi bermanfaat untuk pembakaran energi yang cepat, setelah aktivitas fisik. Selain itu, beras jarang menjadi penyebab alergi.

Nasi Kuning Campur
Untuk 5 porsi
(1 porsi = 269 kalori)

Bahan:
2 sdm minyak untuk menumis
50 gr bawang bombai, cincang
1 sdt bubuk kunyit
2 siung bawang putih, cincang
100 gr daging ayam diiris-iris
50 gr udang kupas
250 gr beras dicuci bersih, tiriskan
3 lbr daun jeruk
1 btg sereh
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam (secukupnya)
500 ml kaldu

Pelengkap:
Telur dadar dari 1 btr telur ayam
Ketimun
Tomat
Daun salam


Cara membuat:
1. Tumis dengan minyak, bawang bombai, bawang putih, dan kunyit. Masukkan ayam dan udang.
2. Masukkan beras, daun jeruk, sereh, merica, dan garam, ditumis sebentar. Setelah wangi masukkan kaldu dan dimasak sampai air kering.
3. Kukus nasi kuning sampai masak selama ± 1/2 jam, angkat, dicetak selagi masih panas. Setelah dingin keluarkan dari cetakan.
4. Hidangkan dengan dihiasi telur dadar, ketimun, tomat, dan daun salam.

Oleh: Tuti Soenardi - Ahli Gizi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar