Onde dari Ubi Merah

Ubi merah adalah sumber betakaroten yang baik. Di samping membantu penyerapan zat besi dari sereal, ubi merah juga sanggup mengurangi risiko terhadap penyakit arthritis.

Selain betakaroten, ubi merah juga mengandung antioksidan, vitamin C dan E yang sangat efektif melawan radikal bebas.

Seperti diketahui, darah yang mengandung betakaroten tinggi dapat mengurangi risiko sensitif terhadap sinar matahari. Dengan demikian ubi merah memiliki khasiat perlindungan terhadap kulit, tetapi bukan berarti dapat dimanfaatkan untuk lotion sunburn.

Betakaroten mempunyai kemampuan ganda. Pertama, membantu penyerapan zat besi dari makanan seperti beras, jagung, dan wheat. Kedua, membantu efek penyerapan zat besi yang dihambat oleh phytokimia seperti asam phytat yang jika dikonsumsi dapat menghambat penyerapan zat besi dari makanan.

Tingkat yang baik lagi dari betakaroten dalam tubuh juga ada kaitannya dengan mengurangi risiko perkembangan rheumatoid arthritis. Sebab, antioksidan yang rendah dalam tubuh merupakan faktor risiko penyebab penyakit tersebut.

Onde Ubi
Untuk 16 buah
(1 buah = 122 kalori)

Bahan Kulit:
- 250 gr ubi dikukus dihaluskan
- 50 gr kelapa parut
- 50 gr tepung tapioka
- Sedikit garam
- 100 gr wijen
- Minyak untuk menggoreng
Bahan Isi:
- 50 gr kacang hijau kupas, dikukus, diblender
- 125 ml santan
- 40 gr gula pasir
- Vanili secukupnya

Cara Membuat:
1. Buat Isi:
Campur jadi satu semua bahan isi lalu dimasak sampai kering, angkat, dibentuk bulat kecil.
2. Buat Kulit:
Campur ubi yang telah dihaluskan dengan tepung tapioka, kelapa parut, serta garam. Aduk rata hingga dapat dipulung, sisihkan.
3. Bagi adonan kulit menjadi 16 bulatan, pipihkan. Beri adonan isi lalu bulatkan kembali. Celupkan ke air kemudian gulingkan ke wijen.
4. Goreng dengan minyak banyak dan tidak terlalu panas sampai kuning kecokelatan, angkat.
5. Hidangkan.

Oleh: Tuti Soenardi - Ahli Gizi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar