Pisang Pipis Kopyor, Penganan Saat Stres

Makanan sering jadi pelarian ketika orang mengalami stres. Makan berlebih memang dapat menyebabkan penurunan hormon stres dalam tubuh.

Boleh saja melampiaskan rasa stres pada makanan. Namun, cobalah mengubah pola menu Anda supaya menghasilkan perubahan fisik dan otak yang akan membuat masalah sedikit terkendali atau lebih tenang.

Pure kentang, roti bakar isi ikan, dan pasta kukus, merupakan makanan yang menyenangkan dan dapat mengubah perasaan stres. Semua jenis makanan itu mengandung karbohidrat tinggi. Dalam otak, karbohidrat dapat berperan dalam mengurangi stres.

Pada saat emosi, otak segera memanfaatkan serotonin, suatu bahan kimia yang dapat membuat tenang. Jika kadar serotonin menurun, perasaan negatif akan meningkat. Mengonsumsi karbohidrat tinggi seperti pasta, kentang, dan roti manis, dapat meningkatkan kadar serotonin, sehingga stres menurun dan orang akan merasa rileks.

Menurut hasil penelitian yang masih dini, vitamin B6 kemungkinan dapat memperbaiki mood dengan meningkatkan kadar dopamine, suatu zat kimia dalam otak yang berhubungan dengan perasaan baik. Jika tidak cukup vitamin B6 dalam makanan, kadar dopamine menurun dan menurut pengalaman akan terjadi perasaan negatif. Sangat mudah untuk mendapatkan vitamin B6 dalam makanan, seperti dalam pisang dan kentang.

Pisang Pipis Kopyor
Untuk 10 bungkus
(1 bungkus = 192 kalori)

Bahan:
300 gr pisang raja, dipotong bulat
50 gr daging kelapa muda
300 gr gula merah
200 ml air
1 lbr daun pandan
daun pisang untuk membungkus
Bahan bubur sumsum:
75 gr tepung beras
500 ml santan
1/2 sdt garam
1 lbr daun pandan

Cara membuat:
1. Rebus gula merah bersama 200 ml air dan daun pandan. Setelah mendidih dan agak kental, angkat, saring, sisihkan.
2. Buat bubur sumsum. Ambil sebagian santan untuk melarutkan tepung beras. Rebus santan, garam, dan daun pandan. Masukkan tepung beras yang telah dilarutkan dengan sedikit santan, aduk rata sampai mendidih dan kental, angkat, sisihkan.
3. Ambil daun pisang, paling bawah beri potongan pisang, tutup dengan bubur sumsum, beri air gula merah dan atasnya taruh daging kelapa muda. Bungkus menyerupai bungkus botok, lalu kukus selama kurang lebih 15 menit, angkat.
4. Hidangkan.

Oleh: Tuti Soenardi - Ahli Gizi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar