Detoks Tubuh Setelah Liburan

Setelah makan, minum dan bersuka cita ketika liburan sekarang saatnya melakukan aktivitas kembali. Ini dia pembersihan tubuh atau detoks yang bisa dilakukan setelah liburan.

Saat liburan umumnya seseorang mengonsumsi berbagai makanan yang manis, berlemak dan tidak memperhatikan kandungan gizi atau kesehatan. Setelah liburan berakhir orang akan berpuasa atau melakukan diet secara ketat untuk mengembalikan kondisi tubuhnya. Hal tersebut adalah salah dan tidak akan membantu memperbaiki keadaan.

Seperti dikutip dari Newsday, Senin (3/1/2011) tubuh tetap memerlukan nutrisi dan makanan sebagai sumber energi. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengemil makanan sehat, yaitu mengonsumsi makanan dalam porsi kecil tapi sering serta mengandung protein.

Selain itu melakukan pembilasan sistem tubuh dari racun-racun adalah cara terbaik agar bisa kembali beraktivitas setelah liburan. Untuk itu mengonsumsi cairan yang cukup bisa membantu menghilangkan racun di dalam tubuh dan mengurangi keinginan makan berlebih.

Cairan yang dikonsumsi sebaiknya air putih atau jus sayuran dan buah segar. Hal ini agar penumpukan racun di dalam tubuh tidak bertambah, serta mengurangi konsumsi kopi, soda atau teh agar tidak berlebihan dan juga mengurangi atau menghentikan asupan alkohol.

Serta menghindari makanan yang mengandung 'racun' seperti makanan olahan dan makanan yang mengandung pengawet atau bahan kimia. Tapi usahakan untuk lebih fokus pada makanan sehat yang mengandung sayuran segar yang bisa membantu membersihkan tubuh.

Asupan vitamin D juga sangat penting untuk memperbaiki suasana hati dan kesehatan menjadi lebih baik, sinar matahari langsung adalah sumber vitamin D terbaik. Untuk itu tak ada salahnya menjemur diri di bawah sinar matahari pagi hari atau sebelum beraktivitas kerja.

Kegiatan detoks tubuh lainnya adalah melakukan olahraga yang bisa membantu menghilangkan lemak tambahan akibat liburan serta membakar kalori si tubuh lebih banyak lagi.

Untuk memulainya cobalah melakukan aktivitas yang ringan dan mudah, seperti berjalan kaki dari parkiran ke gedung kantor atau melakukan kegiatan bersih-bersih rumah. Olahraga lain yang juga bisa dilakukan sebagai bentuk pembersihan diri adalah berlari, melakukan tai chi atau yoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar