Mana Sifat Asli Manusia, Penurut atau Pemberontak?

Orang yang kecilnya penurut bisa muncul sebagai sosok pemberontak saat dewasa dan sebaliknya si pemberontak bisa berubah jadi penurut. Sebenarnya mana sifat asli manusia, sebagai penurut atau pemberontak?

Psikolog Efnie Indrianie, MPsi mengatakan sifat penurut atau pemberontak adalah karakter yang dibawa manusia sejak lahir. Karakter asli ini akan terlihat dari seseorang saat ia merasa benar-benar nyaman.

"Karakter adalah sifat yang dibawa oleh seseorang sejak ia lahir, tapi perilaku atau karakter seseorang tidak ada yang murni karena biasanya saling berinteraksi. Dan banyak faktor yang mempengaruhinya," ujar Efnie Indrianie, MPsi, saat dihubungi detikHealth, Selasa (4/1/2011).

Efnie menuturkan secara umum karakter alamiah manusia dibagi menjadi dua hal, yaitu:

Karakter independen, yaitu seseorang yang tidak begitu bergantung atau tidak banyak membutuhkan orang lain dan cenderung menjadi pemberontak.
Karakter dependen, yaitu seseorang yang membutuhkan orang lain, biasanya orang yang penurut atau suka mencari-cari perhatian.

"Banyak kajian dalam bidang neuro psikologi (psikologi saraf) yang menyebutkan ada fungsi-fungsi psikologis di tubuh yang bisa mempengaruhi psikis seperti fungsi kerja otak," ungkap dosen di Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha, Bandung.

Misalnya jika seseorang lebih banyak menggunakan bagian otak depan, maka ia lebih banyak menggunakan fungsi logika yang cenderung berperilaku mandiri atau independen yang menjadi sifat dari orang pemberontak.

Sedangkan orang yang banyak menggunakan bagian otak limbik, maka ia lebih banyak menggunakan perasaan dan cenderung berperilaku dependen yang menjadi sifat dari orang penurut.

"Cara akurat untuk mengetahui karakter asli dari seseorang adalah dengan melakukan pemeriksaan psikologis, salah satunya adalah dengan melihat dominasi daerah kerja otak," ujar psikolog yang berpraktek di Melinda Hospital Bandung.

Selain itu ada banyak hal yang bisa mempengaruhi karakter seseorang, yaitu daerah dominan otak, karakter yang dibawa sejak lahir serta lingkungan. Dan diketahui bahwa lingkungan memberikan pengaruh yang besar terhadap karakter seseorang yaitu sekitar 60 persen.

Karenanya bisa saja seseorang yang dilahirkan dengan karakter penurut muncul sebagai sosok yang keras jika ia tinggal di lingkungan yang mengharuskannya untuk bekerja keras. Umumnya karakter asli dari seseorang biasanya terlihat saat ia merasa benar-benar nyaman.

Efnie mengungkapkan semua orang cenderung menjadi pemberontak ketika berada dalam situasi di bawah tekanan. Orang dengan karakter asli pemberontak umumnya memiliki watak yang keras dan tidak bisa diintervensi.

"Maka itu orang tidak bisa menghakimi karakter orang lain melalui satu perilakunya saja, karena bisa jadi perilaku yang muncul tersebut hanya bersifat kondisional. Untuk itu harus dicari tahu faktor apa yang melatar belakangi munculnya perilaku tersebut," ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar