Gejala Unik yang Menandakan Stres Mulai Menyerang

Gelisah dan marah-marah sudah pasti menandakan seseorang berada dalam tekanan atau stres. Kalaupun kegelisahan dan amarah bisa ditutupi dengan pura-pura tersenyum, masih banyak gejala stres lainnya yang sulit ditutup-tutupi.

Dikutip dari Wonderwoman, Jumat (7/1/2011), berikut ini beberapa gejala stres yang dialami tubuh secara fisik, bukan hanya psikologis.

1. Kedutan
Gerakan kelopak mata saat berkedip terjadi karena otot-otot di sekitarnya berkontraksi. Kontraksi terjadi akibat adanya pelepasan asam laktat di jaringan otot, yang normalnya akan dikeluarkan ketika sudah tidak terpakai.

Saat stres melanda, aliran darah dan pernapasan tidak teratur sehingga terjadi penumpukan asam laktat termasuk di kelopak mata. Akibatnya kontraksi kelopak mata tidak terkendali dan terjadilah kejang, atau dalam bahasa awam disebut kedutan.

2. Telinga berdenging
Dalam kondisi normal, sensor pendengaran di telinga akan mengirim sinyal ke otak melalui saraf-saraf yang menghubungkan keduanya. Oleh otak, sinyal-sinyal tersebut akan diterjemahkan sebagai bunyi.

Saat stres melanda, kinerja saraf-saraf tersebut mengalami gangguan sehingga menyebabkan sinyal yang dihantarkan mengalami gangguan. Kadang-kadang saraf mengirim sinyal meski tidak mengangkap getaran bunyi dari luar, lalu terjadilah suara berdenging.

3. Nafsu makan meningkat
Otak merupakan bagian yang paling terkena dampak ketika stres menyerang. Hampir seluruh fungsi otak mengalami gangguan, tak terkecuali bagian-bagian yang mengatur rasa puas dan kebahagiaan.

Dalam kondisi stres, salah satu mekanisme tubuh untuk memuaskan diri adalah dengan makan lebih banyak dibandingkan dalam kondisi rileks. Karena tujuannya mengejar kepuasan, kadang-kadang nafsu makan yang meningkat terfokus pada jenis makanan tertentu misalnya cokelat atau es krim.

4. Gatal-gatal
Tidak diketahui pasti mengapa stres dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap kondisi yang memicu reaksi alergi. Yang jelas menurut seorang dermatologis, Dr Robin Russell-Jones, stres bisa memperburuk gejala eksim termasuk ruam dan gatal-gatal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar