Hologram dan Medan Magnet Rahasia si Gelang Power Balance

Gelang Power Balance begitu dipuja punya manfaat kesehatan yang hebat. Tapi setelah penemuan ilmuwan Inggris dan penelitian oleh lembaga konsumen di Australia, puji-pujian berubah jadi makian yang mengecewakan.


Gelang Power Balance sedang menjadi tren di kalangan anak muda karena dipakai banyak selebritas. Mulai dari atlet hingga peragawati tertangkap kamera sering memakai gelang hologram Power Balance, yang diklaim oleh pembuatnya dapat mendongkrak stamina. Sebut saja pesebakbola David Beckham, pembalap Formula-1 Ruben Barrichello, aktor Robert de Niro dan model tunangan Pangeran William, Kate Middleton.

Apa yang jadi 'jualan' Power Balance hingga berani mengklaim gelangnya bermanfaat bagi kesehatan?

Dilansir powerbalance.com, Selasa (4/1/2011), perusahaan mengklaim bahwa gelang Power Balance yang terbuat dari silikon ini didasarkan dengan mengoptimalkan aliran energi alami tubuh. Hologram pada Power Balance adalah yang menjadi rahasianya.

Power Balance mengklaim bahwa hologram tersebut dirancang khusus untuk beresonansi dan merespons energi alami tubuh. Alasannya, karena hologram yang mengandung medan magnet 20 Hz pada gelang Power Balance dapat meredakan stres juga meningkatkan kinerja atletik tubuh.

Selain itu, Power Balance diklaim dapat meningkatkan kesehatan dan pikiran secara keseluruhan dengan meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan keseimbangan, toleransi stres, mengurangi peradangan, meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan energi, mengembalikan keseimbangan, kekuatan dan meningkatkan kualitas tidur.

Tapi Greg Whyte, seorang sport scientist dari Liverpool John Moores University mengatakan bahwa aktivitas fisik dengan sendirinya akan meningkatkan penyerapan oksigen sehingga stamina meningkat. Kalaupun gelang berbahan silikon tersebut bisa lebih mendongkrak stamina, hal itu hanyalah efek plasebo.

Dan manfaat kesehatan yang diklaim oleh Power Balance akhirnya dinyatakan palsu oleh Badan Pengawas Konsumen Australia (ACCC).

Australian Competition and Consumer Commission (ACCC) telah memerintahkan Power Balance Australia untuk menarik seluruh gelang yang sudah terjual di konsumen karena telah disesatkan manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar