Kenapa Sarapan Roti Bikin Cepat Lapar?

Banyak orang yang tidak suka sarapan roti dengan alasan roti bikin perut cepat lapar, sehingga lebih memilih sarapan nasi. Tahukah Anda mengapa sarapan roti bikin perut cepat lapar ketimbang nasi?

Makanan yang membuat perut cepat lapar berarti termasuk dalam karbohidrat sederhana, yakni yang cepat dan mudah mengubah glukosa menjadi energi.

Karbohidrat sederhana merupakan makanan yang mengandung kadar gula tinggi, ketika dicerna akan langsung menjadi energi dengan cepat dan meningkatkan kadar gula darah. Karbohidrat sederhana juga tidak bisa menyimpan cadangan glikogen.

Pada dasarnya roti terigu dan nasi putih keduanya termasuk dalam kelompok karbohidrat sederhana. Yang membuatnya berbeda adalah roti terigu lebih banyak mengalami pengolahan dan lebih halus ketimbang nasi, sehingga karbohidrat yang dikandungnya semakin mudah dicerna menjadi energi.

Semakin cepat diolah, maka semakin cepat perut merasa lapar karena tidak ada cadangan energi yang berasal dari karbohidrat. Inilah yang menyebabkan sarapan roti membuat orang lebih cepat lapar.

Bila tidak ingin cepat lapar dan memiliki cadangan energi, sebaiknya makanlah karbohidrat yang lebih kompleks. Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dipecah menjadi glukosa, sehingga tidak mudah melepaskan gula ke dalam darah.

Jika sarapan roti 2 jam kemudian orang bisa kembali lapar, maka sarapan nasi bisa lebih tahan lama hingga 4 jam, sedangkan karbohidrat kompleks bisa lebih tahan lama 5-6 jam.

Selain itu, karbohidrat kompleks juga bisa disimpan di liver dan otot sebagai glikogen (zat sebelum menjadi glukosa). Jika tubuh kekurangan energi, cadangan glikogen inilah yang akan dipecah menjadi glukosa sebagai sumber energi.

Hal ini memungkinkan tubuh untuk membakar lemak tubuh yang disimpan untuk dijadikan energi, bukannya terburu-buru memanfaatkan glukosa seperti yang berasal dari karbohidrat sederhana.

Jika ingin sarapan roti tapi tidak cepat lapar maka roti yang terbuat gandum bisa cukup menahan lapar. Tapi kebanyakan roti yang dijual di Indonesia adalah berbahan tepung terigu.

Tepung terigu dan tepung gandum sama-sama berasal dari bahan gandum. Hanya saja tepung terigu diolah dengan hanya mengambil bagian inti dari biji gandum sehingga hasilnya halus, sedangkan tepung gandum berasal dari seluruh bagian biji gandum sehingga seratnya lebih banyak.

Berikut beberapa karbohidrat kompleks yang membuat Anda tidak mudah cepat lapar:

1.Roti gandum
2.Sereal gandum
3.Nasi merah
4.Jagung
5.Ubi dan singkong
6.Oatmeal
7.Granula rendah lemak.

1 komentar:

  1. mantap gan keep blogging,, kunjungan baliknya ditunggu,,
    http://rahasiaclickbankreview.vv.si

    BalasHapus