Suasana Hati Positif Tingkatkan Kreativitas

Beberapa orang kadang sulit sekali menemukan inspirasi dan kreativitasnya. Tapi ternyata ada cara mudah untuk meningkatkan kreativitas, yaitu menciptakan suasana hati (mood) yang positif.

Pemikiran inovatif atau kreativitas bukanlah suatu hal yang bisa datang kapan saja saat ia dibutuhkan. Tapi terjadi dalam keadaan yang sangat subjektif dan tergantung dari pribadi orang tersebut.

Studi ini dilakukan oleh peneliti Kanada yang menggunakan video senang, sedih dan juga video klip musik untuk menempatkan partisipan dalam suasana hati yang berbeda-beda. Setelah itu partisipan diminta untuk belajar mengklasifikasikan satu set gambar dengan pola visual yang kompleks.

"Didapatkan orang-orang dengan suasana hati bahagia atau positif lebih mampu mempelajari aturan pengelompokkan pola serta meningkatkan kreativitas dibanding orang yang sedang sedih atau netral (tidak sedih tapi juga tidak senang)," ujar Ruby Nadler dari University of Western Ontario, seperti dikutip dari HealthDay, Kamis (23/12/2010).

Pada penelitian ini, musik yang diperdengarkan adalah karya dari Mozart sedangkan untuk video bahagia berupa bayi tertawa. Untuk musik menyedihkan diambil dari daftar lagu Schinder dan video menyedihkan berupa laporan berita tentang gempa bumi. Hasil studi ini dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science.

"Jika seseorang memiliki suatu proyek yang mana harus membuat Anda berpikir inovatif, atau memiliki masalah yang butuh pertimbangan penting, maka berada dalam suasana hati yang positif akan membantu Anda melakukan hal tersebut," ungkap Nadler.

Nadler menuturkan hal ini mungkin menjelaskan mengapa beberapa orang menonton video lucu di komputer tempatnya bekerja. Karena secara tidak sadar, ia berusaha untuk menempatkan dirinya dalam suasana hati yang positif.

Selain itu cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kreativitas adalah dengan menutup mata. Kondisi ini akan menghindarkan sinyal-sinyal atau gangguan di luar sehingga membuat seseorang berada dalam sensitivitas penuh yang dapat meningkatkan kreativitas.

detikcom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar