Anak balita identik dengan berbagai macam mainan. Tapi orangtua sebaiknya memberikan berbagai bentuk mainan, karena bentuk yang beragam akan membantu perkembangan berbicara anak.
Studi terbaru menemukan balita yang bermain dengan objek bentuk yang berbeda-beda akan membuatnya dua kali lebih cepat mempelajari kata-kata baru dibandingkan dengan anak yang bentuk mainannya sama.
Peneliti dari University of Iowa melakukan studi dengan melibatkan 16 anak-anak berusia 18 bulan dan sudah mengetahui tentang 17 nama benda sebelum penelitian. Beberapa anak diajarkan nama suatu benda dengan bermain menggunakan mainan yang hampir identik, sementara yang lainnya bermain dengan bentuk mainan yang berbeda.
Seperti dikutip dari HealthDay, Senin (13/12/2010) setelah melakukan studi selama 1 bulan, anak-anak yang bermain dengan mainan beragam rata-rata memiliki 10 kata baru per minggunya.
Sedangkan anak yang belajar dengan bentuk mainan sama hanya mendapatkan 4 kata per minggu. Hasil studi ini dilaporkan dalam Psychological Science edisi Desember.
Perkembangan kemampuan berbicara dan mengenal kata tergantung dari usianya, Children Development Institute menuturkan ada beberapa pedoman mengenai kemampuan bahasa anak berdasar usianya.
Usia 6 Bulan
Memberikan respons terhadap namanya
Memberikan respons terhadap suara manusia dengan memutar kepala dan matanya
Memberikan respons yang tepat untuk nada marah dan ramah
Vokalisasi dengan intonasi
Usia 12 bulan
Menggunakan satu atau lebih kata
Mengerti instruksi sederhana, terutama jika ada isyarat vokal atau fisik yang diberikan
Mulai menyadari nilai dari suatu pengucapan
Usia 18 bulan
Memiliki kosakata sekitar 5-20 kata
Kosa kata yang dimiliki terutama dari kata benda
Melakukan pengulangan kata atau frase
Mampu mengikuti perintah sederhana
Usia 24 bulan
Bisa menyebutkan sejumlah objek umum di sekitarnya
Mampu menggunakan setidaknya dua preposisi, seperti di, pada, di bawah
Menggabungkan kombinasi 1-2 kata benda dalam satu kalimat
Sekitar dua per tiga kata yang diucapkannya bisa dimengerti, meski volume dan nada suara belum terkendali dengan baik
Kosakatanya kurang lebih sekitar 150-300 kata
Memberikan respons yang benar ketika diminta menunjuk sesuatu seperti mata, hidung atau rambut
Usia 3 tahun
Mampu menggunakan kata ganti saya, kamu dengan benar
Menggunakan beberapa kata jamak atau kalimat masa lalu
Mampu menunjukkan bagian anggota tubuh dan menyebutkannya
Memiliki sekitar 900-1.000 suku kata
Sekitar 90 persen kata yang diucapkannya bisa dimengerti
Komunikasi verbal mulai mendominasi
Memahami pertanyaan sederhana yang berhubungan dengan lingkungan dan kegiatan
Mampu membedakan jenis kelamin, nama dan usia
Usia 4 tahun
Mengetahui nama-nama binatang yang umum
Bisa menggunakan empat preposisi dan bisa memahami perintah yang diberikan
Mengetahui satu atau lebih warna
Memahami konsep seperti panjang dan lebar
Mampu mengulang kata-kata terutama yang memiliki empat suku kata
Usia 5 tahun
Bisa menggunakan kata-kata deskriptif secara spontan baik kata sifat atau kata keterangan
Mengetahui tentang lawan kata, seperti besar-kecil, keras-lembut atau gelap-terang
Bisa menghitung dari 1 sampai 10
Perkataannya bisa benar-benar dimengerti
Mampu mengikuti tiga perintah yang diberikan tanpa interupsi
Mampu mengulang kalimat sebanyak 9 kata
Bisa mengerti konsep waktu sederhana seperti pagi, siang, sore, malam, besok, kemarin atau hari ini
Kemampuan berbicaranya secara keseluruhan tertata dengan benar
Usia 6 tahun
Selain konsonan juga bisa mengucapkan f, v, sh atau th
Pengucapan yang keluar bisa dimengerti dan berguna ketika bersosialisasi
Mampu menceritakan satu cerita yang agak bersambung atau mengenai suatu gambar
Memahami antara benda dan kejadian.ver/ir)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar